by

Satpol PP Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran di Gedung Setda Kota Bogor

BOGORONLINE.com – Bogor Tengah – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tengah melakukan aktivitas di gedung Sekretariat Daerah Kota Bogor tampak dikejutkan dengan adanya kepulan asap di lantai tiga pada Jumat (14/02/2020). Sontak, mereka lari berhamburan keluar dari ruangannya.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran yang mendapat laporan adanya kebakaran langsung mendatangi lokasi. Setibanya mereka langsung berusaha memadamkan api dan melakukan penyelamatan terhadap ASN yang masih terjebak di lantai empat.

Kebakaran ini bukan kejadian nyata, melainkan pelatihan dan simulasi penanganan kebakaran yang dilaksanakan Satpol PP Kota Bogor melalui bidang pemadam kebakaran.

Dua unit mobil Damkar diturunkan dalam kegiatan itu. Petugas juga melakukan penyelamatan korban pada bangunan vertikal dengan menggunakan teknik vertical rescue. Korban juga mendapat penanganan medis.

Kepala Bidang Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Kota Bogor, Marse Hendra Saputra mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terkait kesiapsiagaan bencana kebakaran kepada ASN serta petugas yang ada di lingkungan Balai Kota Bogor.

“Dari hasil simulasi tersebut ada beberapa catatan dan evaluasi yang diberikan kepada karyawan. Diantaranya adalah kesiapsiagaan para karyawan yang harus ditingkatkan ketika mengetahui ada bencana kebakaran,” ungkap Marse kepada sejumlah awak media.

Ia melanjutkan, evaluasi terhadap kegiatan hari ini, bahwa respon bagi masyarakat atau karyawan masih belum baik dikarenakan masih sering kali merasa begitu ada kejadian lebih banyak mengambil handphone untuk berswafoto dan berselfi tanpa mengikuti prosedur yang ditentukan.

“Untuk ini, saya berharap dengan adanya simulasi, karyawan dan karyawati juga masyarakat bisa lebih siapsiaga saat menghadapi kondisi bencana,” ungkap Marse. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed