by

PROMOSI PARIWISATA DENGAN MEMPERHATIKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI

Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Paguyuban Mojang dan Jajaka Kabupaten Bogor menyelenggarakan Lomba Cipta Lagu Tingkat Nasional. Lomba tersebut diselenggarakan selama 9 hari, yaitu tanggal 1-9 Agustus. Lomba memperebutkan hadiah utama uang pembinaan Rp. 10.000.000,-, piala dan sertifikat dari Bupati Bogor.
Menurut Viky Fahryan, ketua panitia dari Paguyuban Mojang dan Jajaka Kabupaten Bogor lomba yang mengusung tema “Sadar Wisata dengan Memperhatikan Protokol Kesehatan” diikuti oleh 136 peserta dari seluruh wilayah Indonesia. Jumlah tersebut cukup fantastis mengingat pendaftaran lomba hanya diselenggarakan selama 3 hari (1-3 Agustus 2020) dan persyaratan lomba yang cukup ketat. Peserta harus mengarang lagu sendiri yang orisinal, membuat video clip yang menggambarkan ajakan berwisata ke Kabupaten Bogor dengan memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, dan mengupload video di media yang ditentukan panitia.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Muliadi, S.Sos mendukung penuh kegiatan ini. Menurut beliau, kegiatan ini sangat baik dalam mendukung peningkatan kesadaran masyarakat dalam membangun wisata dengan kesadaran terhadap protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Wisata di Kabupaten Bogor memiliki daya tarik luar biasa dan pantas untuk dikenal secara nasional.
Menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Ibu Titi Sugiarti, ST., penyelenggaraan lomba merupakan bentuk komitmen Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dalam mendukung promosi pariwisata Kabupaten Bogor dan industri kreatif bidang pariwisata di tingkat nasional.
Dari 107 peserta yang memenuhi syarat, terpilih 9 unggulan. Para juri dengan kapasitas nasional yang terdiri dari Hendra Fischer (Music Director), Jessica Odilia (Juara 3 Miss Grand Indonesia), Aditya Gumelar (Penyanyi Profesional) dan Prof. Arif Satria (Komposer dan Rektor IPB) menentukan 9 unggulan dan 1 juara utama. Keputusan juri diambil dalam rapat tertutup dewan juri yang tidak melibatkan pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor atau pun Paguyuban Mojang dan Jajaka Kabupaten Bogor.
Pemenang lomba adalah Syiva Mauliddia Suryadi dengan judul lagu “Bogor Kabupatenku”. Lagu ini memenuhi seluruh syarat yang ditetapkan oleh panitia, terdapat unsur ajakan untuk berwisata ke Kabupaten Bogor, memperhatikan protokol kesehatan pandemi Covid-19, video clip menonjolkan potensi wisata di Kabupaten Bogor dan dipilih oleh sebagain besar pemilih voting unggulan. Video clip dari pemenang dan kesembilan unggulan dapat dilihat di instagram @pesonabogor_kab.
Kegiatan closing ceremony dan pengumuman pemenang dilaksanakan di Waroeng Up 2 Date Kabupaten Bogor, 9 Agustus 2020 dengan memperhatikan protokol kesehatan. Unggulan lomba dan juri hadir secara virtual. Penonton hadir secara virtual melalui live instagram @pesonabogor_kab dan @mokakabbogor. Kegiatan closing ceremony dan pengumuman pemenang dimeriahkan oleh tarian tradisional dan band yang menonjolkan kreativitas anak muda di Kabupaten Bogor.
Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Festival Angklung, Pengiriman misi kesenian ke Batam dan Jogja, Festival Silat Cimande dan Festival Kaulinan Urang Lembur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed