by

Kawasan Wisata Pesawaran Lampung Kembali Buka

 

PESAWARAN – Diberlakukannya kebijakan PSBB di berbagai daerah berbuntut pada penutupan berbagai destinasi wisata, tak terkecuali kawasan wisata di Kabupaten Pesawaran, Lampung.  Kawasan yang berhadapan langsung dengan Teluk Lampung itu memang dikenal memiliki keindahan pantai yang eksotik. Hal ini menjadikan kawasan wisata tersebut sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Pesawaran. Beberapa destinasi wisata pantai yang menjadi favorit di antaranya ialah Pantai Mutun dan Pantai Sari Ringgung. 

Kabar baiknya, sejak pemerintah mengumumkan fase new normal per Juni 2020 lalu, beberapa destinasi wisata di Indonesia kembali dibuka. Begitu pula dengan kawasan wisata di Kabupaten Pesawaran. Beberapa pantai yang terlihat sudah beroperasi di antaranya adalah Pantai Puri Gading, Pantai Mutun, Pantai Clara, dan Pantai Sari Ringgung. 

Meski sudah kembali beroperasi, pengunjung tetap di anjurkan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Di kawasan Pantai Mutun, misalnya, pengunjung tetap diwajibkan mengenakan masker saat berwisata. Hal ini telihat dari spanduk peringatan “Kawasan Wajib Memakai Masker” yang terpasang di berbagai sudut di kawasan Pantai Mutun. 

Selain itu, pihak pengelola pantai juga memfasilitasi posko kesehatan khusus untuk pencegahan COVID 19 di pintu masuk kawasan wisata. Beberapa spanduk peringatan terhadap protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, tetap jaga jarak, hindari kerumunan, dan gunakan masker juga terlihat dipasang di berbagai sudut Pantai Mutun. 

Kembali beroperasinya kawasan wisata pantai di Kabupaten Pesawaran ini tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat sekitar yang mulai jenuh dengan masa karantina yang berlaku sejak Maret lalu. Minat masyarakat terhadap wisata pantai yang perlahan mulai bangkit kembali ini dapat dilihat dari kawasan wisata Pantai Mutun yang mulai didatangi pengunjung. Pantai Mutun memang merupakan salah satu wisata pantai yang menjadi andalan di kawasan wisata Kabupaten Pesawaran ini. Selain menyajikan pantai berpasir putih yang indah dan bersih, Pantai Mutun juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti gazebo, musala, dermaga penyebrangan, toilet, kantin dan area parkir yang cukup luas. Terlebih lagi banyaknya pepohonan menjadikan Pantai Mutun ini rindang dan cocok untuk piknik. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk menyeberang dan menikmati Indahnya Pulau Tangkil yang terletak persis di seberang Pantai Mutun. 

Sayangnya, wisata di Pantai Mutun ini belum sepenuhnya kembali pulih. Jumlah pengunjung yang berwisata di Pantai Mutun tidak sebanyak saat kondisi normal.  Hal ini dapat dilihat dari luasnya area parkir yang kosong dan beberapa perahu penyeberangan yang tidak beroperasi.  Salah satu penyedia jasa foto di kawasan Pantai Mutun, Hendri, mengatakan pengunjung yang datang  ke pantai ini sebagian besar masih didominasi oleh penduduk lokal, yakni Kota Bandar Lampung dan sekitarnya.  

Yang datang dari lokal aja mas, biasanya orang jauh-jauh dari luar daerah,” ungkapnya. 

Fotografer: M Habibur Rohman | Reporter: M Habibur Rohman | Editor: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed