by

Bentuknya yang Menakjubkan! Inilah Manfaat Dari Labu Putih Panjang

BOGORONLINE.com – Banyak orang yang mungkin sudah akrab dengan labu siam dan labu kuning, tapi pernahkah anda mengonsumsi labu putih? Labu putih menjadi salah satu sayuran yang mudah ditemui di Indonesia. Rasanya yang tawar membuat labu putih tidak banyak digemari. Padahal, sayuran ini sangat kaya akan nutrisi. Konsumsi labu putih juga diyakini akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.  Tapi, tahukah anda manfaat dari labu putih? Daripada penasaran, yuk simak manfaatnya berikut ini.

1. Mendapatkan beragam nutrisi

Labu putih adalah bahan pangan rendah kalori dengan nutrisi yang beragam. Seratus gram (100 gram) labu putih mengandung 3,8 gram karbohidrat, 0,6 gram protein, serta 0,2 gram lemak. Berkat kandungan airnya yang tinggi, sayuran ini hanya mengandung 19 kalori. Konsumsi labu putih turut memberikan tubuh anda kalsium, fosfor, natrium, kalium dan zat besi. Selain itu, labu putih juga mengandung vitamin A, B1, B2, B3, serta C.

2. Mengendalikan gula darah

Sebuah penelitian dalam International Journal of Green Pharmacy, menemukan manfaat labu putih dalam menurunkan kadar gula darah. Pada penelitian ini, sebanyak 50 orang berusia 40-60 tahun diminta meminum 200 ml sari labu putih setiap pagi selama 90 hari. Setelah rutin meminum sari labu putih, gula darah puasa (GDP) rata-rata yang tadinya sebesar 87,5 mg/dL turun menjadi 84,1 mg/dL. Meski sedikit, penurunan sebesar 3,9 persen ini menunjukkan bahwa sari labu putih memiliki potensi bagi penderita diabetes.

3. Menurunkan kolesterol

Pada penelitian lain dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, labu putih ternyata berpotensi menurunkan kolesterol. Para peneliti melarutkan ekstrak labu putih ke dalam sejumlah bahan, lalu memberikannya kepada beberapa ekor tikus. Hasilnya, ekstrak labu putih menunjukkan manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL). LDL adalah kolesterol jahat yang dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah.

4. Melancarkan pencernaan

Seperti kebanyakan jenis sayuran, labu putih ini juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat dapat membantu kerja usus dalam mencerna makanan. Sehingga, dapat mengurangi perut kembung dan sembelit.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Labu putih juga mengandung kalsium, fosfor dan magnesium yang dibutuhkan oleh tulang. Semua zat tersebut dapat membantu kepadatan tulang. Jika mengonsumsi labu putih dapat mengurangi risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Nah, itulah 5 manfaat yang menakjubkan dari labu putih yang wajib anda ketahui. Jadi, anda tidak hanya menikmatinya saja dalam berbagai jenis olahan tapi juga merasakan manfaatnya.

 

Editor: Dea Rizky Ramadhan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed