by

Cara Mengatasi Ketombe dengan Jeruk Nipis, Mitos atau Fakta?

BOGORONLINE.com, – Meski bukan masalah serius, memiliki ketombe di kepala tentu sangat menyebalkan. Bisa sebabkan gatal, tapi kalau semakin digaruk serpihan putihnya semakin tersebar di rambut dan berjatuhan ke bahu. Banyak hal dapat menjadi penyebab munculnya ketombe, termasuk penumpukan minyak akibat infeksi jamur Malassezia dan iritasi kulit di kepala.

Nah, jeruk nipis sudah lama dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah ketombe. Namun, ini mitos atau fakta, ya? Penelitian pun menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis memang ampuh digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Sebab, air perasan buah, kulit buah, dan daun jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe, Malassezia furfur.

Penasaran kan? Yuk, simak di bawah ini!

1. Menggunakannya secara langsung

Beberapa cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis mengharuskan anda untuk mengaplikasikannya secara langsung. Artinya, anda harus memeras jerus nipis dan mengoleskan airnya ke kulit kepala. Meskipun demikian, fungsi air jeruk nipis di sini bukan sebagai pengganti shampo, melainkan sebagai perawatan sebelum keramas. Langkah yang dapat Anda lakukan ialah:

  • Memeras jeruk nipis dan mengoleskannya ke kulit kepala yang berketombe.
  • Diamkan selama beberapa menit agar sari dari jeruk nipis dapat meresap ke kulit dan folikel rambut.
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih.
  • Keramas menggunakan sampo antiketombe formula sedang.

2. Mencampur jeruk nipis dengan bahan lain

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis juga bisa dilakukan dengan mencampur bahan lain, seperti garam, gula atau minyak kelapa. Langkah ini biasanya ditempuh agar kulit kepala juga bisa mendapat manfaat dari bahan tambahan tersebut, karena garam yang bersifat eksfoliasi dan minyak kelapa sebagai pelembap kulit kering. Berikut ini cara penggunaannya.

  • Peras jeruk nipis, lalu campur airnya dengan bahan tambahan yang anda inginkan.
  • Oleskan ke kulit kepala sambil menggosoknya secara perlahan agar ketombe lekas rontok (bila menggunakan garam), atau terserap di kulit (bila menggunakan minyak kelapa).
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih.
  • Keramaslah dengan sampo antiketombe formula sedang.

Meski merupakan bahan alami, jeruk nipis tetap bisa menghadirkan efek samping bagi kulit kepala, seperti rasa terbakar, kemerahan, hingga kulit kering dan iritasi.  Oleh karena itu, anda sebaiknya melakukan tes alergi. Caranya, dengan mengoleskan air jeruk nipis di belakang telinga dan tunggu 24 jam. Apabila muncul gatal dan kemerahan, hentikan pemakaiannya. Selain itu, apabila cara menghilangkan ketombe ini tidak memperbaiki kondisi anda, hentikan penggunaannya dan beralihlah ke sampo antiketombe atau berkonsultasi pada dokter kulit.

 

Reporter: Dea Rizky Ramadhan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed