by

Diah Pitaloka Salurkan Bantuan Kearifan Lokal

BOGORONLINE.com, Bogor Timur – Anggota DPR RI dapil Kota Bogor dan Kab. Cianjur, Diah Pitaloka S. Sos, M. Si kembali menyalurkan bantuan kepada warga Kota Bogor. Kali ini Diah menyerahkan bantuan Kearifan Lokal dari Kemensos RI kepada Paguyuban Trisula Padjajaran pada Sabtu, 24 Oktober 2020.

Sebagai penerima bantuan, Paguyuban Trisula Padjajaran diwajibkan oleh Kemensos RI untuk menampilkan pentas seni, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara tersebut dilaksanakan di Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, tepatnya di bekas rumah singgah bagi anak jalanan yang merupakan aset dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Diah Pitaloka menyatakan, “Budaya merupakan roh dan jati diri suatu bangsa. Hal itu merupakan akar identitas yang juga merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus kita jaga bersama dengan berbagai cara.”

Lebih lanjut, Anggota Komisi VIII DPR RI itu berharap kepada Paguyuban Trisula Padjajaran agar bisa terus menghidupkan budaya, identitas dan kearifan sunda dengan sinergi bersama berbagai pihak.

“Silih asah, Silih asih dan Silih asuh itu wujudnya bisa berbagai macam. Misalnya dengan membina anak-anak jalanan oleh paguyuban seni-budaya. Mereka bisa dibina dengan seni-budaya. Diajarkan seni tari maupun alat musik tradisional dan berbagai keterampilan seni-budaya lainnya. Dari situ mereka akan semakin cinta budaya dan memiliki keterampilan seni-budaya,” Ujar Diah

Turut hadir Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim dalam acara tersebut, pihaknya mengucapkan selamat kepada paguyuban Trisula Padjajaran yang telah mendapat bantuan sekaligus amanah yang harus dipertanggungjawabkan dengan baik.

“Tak lupa saya juga berterima kasih kepada Bu Diah Pitaloka, yang sangat peduli kepada Kota Bogor dalam berbagai hal, termasuk budaya. Pemkot Bogor terus berkomitmen menjaga dan melestarikan budaya, kedepan kita akan membangun pusat-pusat keseninan budaya, salah satunya di daerah Batu Tulis.” ungkap Dedie.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Paguyuban Trisula Padjajaran, Shany Nurdin menyampaikan terima kasih kepada Diah dan Kemensos RI.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bu Diah, karena beliau lah kami bisa mendapatkan bantuan dari Kemensos RI. Kami sampaikan bahwa dari bantuan tersebut, berbagai alat kesenian dapat kami beli dan melaksanakan kewajiban dari Kemensos pada hari ini untuk menggelar pentas seni, dengan protokol kesehatan ketat tentunya,” kata dia.

Acara yang dihadiri pula oleh Kepala Dinas Sosial Kota Bogor, serta jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor berlangsung dengan protokol ketat dan tidak berlangsung lama. Melalui acara ini, diharapkan semangat pelaku seni-budaya kembali bangkit, menghasilkan berbagai cipta-karya serta terus melestarikan peninggalan leluhur bangsa. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed