by

Manfaat Jahe Untuk Wanita, Salah Satunya Untuk Kecantikan Loh

Sumber : artaceaiului

BOGORONLINE.com, Bogor – Jahe adalah salah satu rempah-rempah indonesia yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga dalam membuat suatu masakan yang lezat. Rempah satu ini sudah ada sejak zaman dahulu kala yang sering digunakan sebagai obat dan untuk terapi kesehatan. Ada beragam jenis jahe, salah satunya yang paling terkenal adalah jahe merah.

Sumber : medialampung.co.id

Tanaman yang di kenal dengan bahasa latin Zingirber Officinale Roxb ini diketahui mengandung banyak senyawa yang bermanfaat seperti shagaol, gingerol, zingeron.  Jahe dapat di konsumsi dengan di rebus bersama air dan di ambil airnya lalu di minum. Namun dengan perkembangan zaman, jahe sekarang juga tersedia dalam variasi bubuk dan hanya tinggal di tambahkan air hangat.

Berikut manfaat jahe:

1. Mengontrol kadar gula darah
Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa manfaat jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Sebab jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid. Selain terkenal karena keefektifannya sebagai penstabil gula darah, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

2. Menyembuhkan alergi
Jahe biasanya digunakan untuk mengusir rasa gatal di kulit. Hal ini menambah manfaat jahe lainnya yakni untuk menyembuhkan alergi, apalagi jika kamu rajin mengonsumsinya.

3. Menghaluskan kulit dan mencegah penuaan
Manfaat jahe untuk kecantikan adalah berguna dalam mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini. Sebab jahe sudah sejak lama di kenal dalam pengobatan Ayurveda dan Cina sebagai agen anti penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat jahe yang maksimal bagi kulit, kamu bisa menggosok kulit dengan irisan jahe setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Manfaat jahe ini juga berguna dalam menghilangkan bekas luka hipopigmentasi.

4. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan untuk menghalau datangnya beragam penyakit. Salah satu cara alami untuk memperkuat imunitas adalah dengan rajin mengonsumsi air jahe.

5. Mencegah timbulnya jerawat
Manfaat jahe lain adalah untuk mencegah timbulnya jerawat. Sebab jahe mengandung zat antiseptik dan anti oksidan yang akan melawan bakteri dan mencegah efek buruk radikal bebas penyebab timbulnya jerawat.

6. Melegakan tenggorokan
Mengonsumsi jahe akan memberikan efek hangat di tenggorokan. Dengan demikian manfaat jahe lainnya adalah untuk melegakan tenggorokan, terutama jika tenggorokanmu gatal karena penyakit pernapasan.

Reporter : Sausan de Ananda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed