by

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Yuk disimak Apa aja

 

Bogoronline.com – Pagi hari adalah sumber kebahagiaan, saat cahaya matahari yang tidak terlalu panas ditambah dengan udara sejuk di pagi hari merupakan hal menyenangkan. Salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat di sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari. Selain itu, ada beragam manfaat lain yang dapat Anda peroleh.

Manfaat mandi pagi dengan air dingin bisa kamu dapatkan dengan menerapkannya secara rutin. Namun, kamu juga harus memperhatikan supaya air jangan sampai terlalu dingin atau mandi terlalu lama, karena bisa berdampak pada suhu normal tubuh dan berisiko menimbulkan hipotermia.

Berikut adalah beberapa manfaat mandi di pagi hari yang sudah kami rangkum :

1. Memperbaiki suasana hati

Menurut para peneliti di Department of Radiation Oncology at Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi dengan air dingin di pagi hari dapat menstimulasi titik biru otak yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi. Membiarkan air dingin masuk ke dalam kulit dan pori-pori tubuh Anda, tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga pikiran Anda.

2. Meningkatkan energi

Ternyata, menyiramkan air dingin saat mandi di atas kepala dapat mengirimkan sentakan langsung ke sistem saraf pusat, sehingga hal tersebut dapat membuat tubuh terasa lebih energik setelah mandi.

3. Mengurangi stres

Oksigen yang cukup di dalam otak dapat mengurangi stress. Salah satu cara untuk membuat seluruh tubuh  mendapatkan masukan oksigen yang cukup adalah mandi dengan air dingin.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat mandi pagi dengan air dingin juga dapat membantu meningkatkan sel darah putih (leukosit) yang berperan dalam melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Pada akhirnya, secara tidak langsung aktivitas mandi rutin di pagi hari menggunakan air dingin dapat meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh). Dengan kata lain, mandi pagi dengan air dingin bisa membantu tubuh berperang melawan serangan penyakit, seperti pilek dan flu.

5. Pengobatan Hidroterapi

Penggunaan air dingin juga sudah lama dilakukan dalam pengobatan medis, yaitu hidroterapi. Pengobatan ini menggunakan air dingin karena prinsip metodenya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang lancar. Oksigen dan nutrisi pun dapat lancar mengalir ke seluruh tubuh serta memberikan efek antinyeri.

Suhu air yang berbeda dengan kulit dapat memberikan efek segar yang baik bagi kesehatan. Air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah segar yang membawa nutrisi dan oksigen ke organ-organ penting, misalnya otak.

6. Meningkatkan kesuburan

Penelitian terbaru yang dilakukan di University of California menunjukkan bahwa, produksi sperma laki-laki secara signifikan dapat meningkat setelah mandi di pagi hari dengan air dingin selama satu minggu. Namun, mandi dengan air hangat justru akan memberikan dampak yang sebaliknya. Mandi dengan air dingin juga dapat memicu produksi testosteron, hormon pada pria yang bertanggung jawab untuk dorongan seksual.

7. Memperbaiki kondisi rambut

Jika Anda sering mengalami rambut rontok atau rambut kusam, Anda dapat mencoba untuk mandi air hangat atau air dingin di pagi hari. Hal tersebut ternyata dapat menguatkan akar rambut dan melindungi Anda dari kutikula rambut. Namun, mandi dengan air terlalu panas justru akan merusak rambut dan membuatnya tetap tampak kusam.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed