by

Penemu Jaringan WIFI Ternyata Seorang Wanita Cantik

-Ekbis, Ragam-1,098 views

BOGORONLINE.com – Dikutip dari laman The Guardian pada 1 Maret 2018, orang yang berjasa dalam menemukan jaringan WiFi adalah aktris cantik Hedy Lamarr. Enggak cuma WiFi aja, aktris dan matematikawan asal Amerika ini juga berperan dalam kehadiran sistem nirkabel yang kini menjadi basis Bluetooth dan GPS.

Ia lahir dari pasangan Emil Kiesler dan Getrud pada 9 November 1914 di Vienna, Austria. Hedy Lamarr sendiri merupakan nama populernya, sementara nama kelahirannya adalah Hedwig Eva Maria Kiesler.

Ketika menginjak usia 17 tahun, Hedy muncul dalam sebuah film Jerman. Karirnya dibidang hiburan terus menanjak hingga membawanya ke Hollywood. Karena semakin terkenal ia pun mengubah namanya menjadi Hedy Lamarr. Ia terbilang sukses di dunia hiburan bahkan dikenal sebagai perempuan paling cantik di film pada masa itu.

Seakan enggak puas dengan popularitasnya sebagai aktris, Hedy juga ingin mulai dikenal karena kepintarannya. Ia pun menikah dengan Fritz Mandl, pengusaha Amerika kelahiran Austria.

Bersama suaminya, ia belajar tentang dunia sains lebih dalam. Enggak cuma itu, ia juga mendalami ilmu teknologi rudal dan pertahanan selama masa Perang Dunia II.

Bersama dengan rekannya, George Anthiel, ia pun mengembangkan Secret Communications System yang dirancang untuk melawan Nazi. Mereka membentuk semacam kode yang tidak dapat dipecahkan untuk mencegah penyebaran informasi dan pesan rahasia dari orang-orang yang bukan sekutu mereka.

Penemuan yang kini dikenal sebagai WiFi ini akhirnya bisa dipatenkan pada 11 Agustus 1942. Berkat hasil karyanya tersebut, ia berhasi mendapatkan penghargaan dari Electronic Frontier Foundation sebagai penemu spread-spectrum di bidang teknologi komunikasi.

Pada bulan Januari 2000, ia pun meninggal di Florida karena masalah jantung. Meski sering beradegan dalam fim sensual dan menuai kontorversi, kontribusinya di dunia sains sangat bermanfaat hingga saat ini. (*)

Sumber : https://www.instagram.com/p/CFqgzISlj6n/?utm_source=ig_web_copy_link

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed