by

Rayakan Kemerdekaan di Tengah Pandemi, Museum Keris Nusantara Berbenah

Reporter : Nurfitri Okinawa

Editor : Sophia Riza Desnia

Keris yang menjadi salah satu senjata yang memiliki nilai sejarah tinggi dan dibeberapa tempat telah menjadi benda yang dikeramatkan. Menilik lebih jauh mengenai keris, terdapat sebuah museum keris yang berada di Surakarta. Lebih tepatnya terletak di Jl. Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Solo. Bangunan museum ini terdiri atas 4 lantai dengan beragam jenis keris serta tombak yang dipanjang.


Dengan total 409 keris, terdapat sekitar 200 lebih keris yang dipajang. Museum ini memiliki keris tertua yang diperkirakan berasal dari tahun 800 masehi. Melihat dari usia keris ini dapat dikatakan bahwa beberapa keris ada juga yang digunakan sebagai senjata selama masa penjajahan.


Dari sekian banyak koleksi keris yang terdapat di museum ini kebanyakan berasal dari sumbangan masyarakat ataupun dari cagar budaya. Pendataan terhadap keris yang berada didalam museum ini dilakukan bersamaan dengan masuknya keris yang baru saja disumbangkan.


Selama masa pandemi ini, museum keris tetap buka seperti biasa tetapi dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku . Di museum keris ini juga terjadi penurunan pengunjung selama pandemi.
“Kalau sebelum pandemik pengunjung museum perhari itu bisa 10-50 orang mba, kalau selama pandemi ini ya paling banyak 10 orang perhari” ungkap Nita (23) seorang pegawai di Museum Keris Nusantara.


Namun meskipun terjadi penurunan pengunjung, harga tiket masuk dari museum ini tetap sama seperti biasanya. Untuk harga tiket masuk berkisar anatara Rp 5.000 – Rp 20.000 per orangnya. Mendekati perayaan kemerdekaan Indonesia Museum Keris Nusantara akan melakukan kegiatan pembenahan dibeberapa spot dalam museum.
“Kalau untuk acara khusus ngga ada sih mba, karena kita berusaha untuk membuat acara yang tidak mengumpulkan banyak masa. Jadi untuk di masa sekarang ini ya kita akan melakukan pembenahan di beberapa spot” ungkap Nita.
Dalam waktu dekat pun dikabarkan bahwa Museum Keris Nusantara akan kembali menerima sumbangan keris yang berasal dari Semarang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed