by

Restorasi Kampung Pisang di Karadenan

BOGORONLINE.com, Cibinong – Berbagai jenis pohon pisang tumbuh subur menghiasi lingkungan rumah warga pondok Karadenan Asri atau tepatnya di RW07 Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pohon-pohon pisang itu ditanam dengan konsep urban farming memanfaatkan lahan terbatas atau lahan yang ada disulap menjadi lahan produktif. Penanaman pohon pisang ini tak lain sebagai upaya warga dalam mengembalikan wilayah tersebut yang dululnya terkenal sebagai sentra penghasil pisang.

“Dulu, desa ini sebagai sentra penghasil pisang makanya nama desanya Kampung Pisang. Karena sudah makin sempitnya lahan keberadaan pisang ini makin terkikis. Nah, kami ingin mengembalikan keberadaan Kampung Pisang ini,” kata Heri Rahmawanto, tokoh masyarakat setempat.

Tepatnya dua tahun lalu atau tepatnya 2018, lanjut Heri, warga secara swadaya mulai gencar menanam bibit-bibit pisang dengan memanfaatkan lahan yang ada di lingkungan warga. Di wilayah RW07 sendiri kebun pisang tersebar di 11 RT dengan perawatan dilakukan masing-masing yang dipimpin oleh ketua RT.

“Di wilayah ini hanya sebagian kecil saja. Jumlahnya ada 20 titik kebun pohon pisang (RW07) dengan 13 jenis pisang. Alhamdulillah, untuk yang di sini sudah dipanen berkali-kali dan tunas pun sudah pada tumbuh lagi,” ujarnya.

Ke 13 jenis pisang yang dikembangkan di kebun, di antaranya pisang ambon putih, pisang ambon lumut, pisang ambon emas. Selain itu, ada juga jenis pisang uli, pisang raja sereh, pisang tongkat langit, pisang tanduk dan jenis pisang lainnya.

Pohon pisang, kata Heri Ortega panggilan akrabnya, rata-rata dapat dipanen itu setelah memasuki usia tanam lima bulan. Tumbuhan tak berkayu ini juga selanjutnya dapat dipanen kembali setelah tunas atau anakannya tumbuh dewasa.

“Untuk yang saya memang tidak dijual, dikonsumsi sendiri. Dan siapapun yang mau hajatan, atau ada kedukaan, silahkan mendaftar saja. Jadi, betul-betul untuk kesejahteraan masyarakat Kampung Pisang,” ucapnya.

Kini, keberadaan Kampung Pisang tersebut mendapat perhatian dan diikutsertakan oleh Kelurahan Karadenan dalam lomba kampung ramah lingkungan tingkat Kabupaten Bogor. Di Kampung Pisang, selain penghasil buah pisang juga olahan pisang rumahan, seperti keripik dan selai pisang. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed