by

Yuk, Coba Rasakan 16 Manfaat Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikanmu!

Strawberry
Strawberry

Strawberry adalah buah yang sering digunakan sebagai pelengkap dalam hidangan kue atau makanan dan minuman lainnya yang berbahan dasar buah-buahan. Hal ini dikarenakan buah strawberry memiliki warna merah yang sangat pekat, sehingga menjadikan beberapa orang menggunakan strawberry sebagai penghias makanan. Namun, di balik kecantikan warnanya tersebut, buah yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, lho. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat strawberry untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kamu rasakan.

Ini kandungan gizi Strawberry per 100 gram:

  • Kalori : 32 Kkal
  • Air : 91%
  • Protein : 0,7 gram
  • Karbohidrat : 7,7 gram
  • Gula : 4,9 gram
  • Serat : 2 gram
  • Lemak : 0,3 gram

Ini manfaat strawberry untuk kesehatan dan kecantikan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C yang mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C pada buah strawberry akan membantu tubuh kamu dalam melawan infeksi tertentu. Vitamin C tersebut juga akan memberikan manfaat lebih apabila dikombinasikan dengan makanan lain yang mengandung zat besi.

 

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat strawberry selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Buah strawberry memiliki antioksidan, seperti anthocyanidin, yang membantu mencegah pembentukan kolesterol jahat. Hal ini tentunya akan memberikan efek antiinflamasi yang baik untuk kesehatan jantung.

 

3. Melawan Kanker

Selain mengurangi risiko penyakit jantung, manfaat strawberry berikutnya adalah dapat melawan penyakit kanker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam ellagic dalam buah yang satu ini. Kandungan tersebut memiliki peranan penting dalam menekan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, vitamin C pada strawberry juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga bisa digunakan untuk melawan sel-sel kanker.

 

4. Membantu meningkatkan memori

Di dalam buah strawberry juga terdapat falvanoid atau yang biasa disebut dengan fistein. Kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan memori. Dengan mengonsumsi dua atau lebih buah strawberry dalam seminggu, dapat membantu meningkatkan memori otak kamu.

 

5. Mencegah stroke

Tahukah kamu bahwa buah strawberry juga dapat mencegah ancaman penyakit stroke. Buah strawberry mengandung antioksidan quercetin, kaempferol, dan anthocyanin yang dapat menurunkan risiko stroke. Selain itu, strawberry juga dapat mengontrol tekanan darah untuk menghindari kamu dari tekanan darah tinggi yang kerap mengakibatkan stroke.

 

6. Mengobati diabetes

Strawberry merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes atau seseorang dengan tekanan gula darah yang cukup tinggi. Buah yang satu ini mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat mengontrol kadar glikemik dalam darah.

 

Selain itu, kandungan serat dalam buah ini juga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, maka strawberry dapat memperlambat penyerapan serta mengurangi lonjakan glukosa dan insulin setelah kamu mengonsumsi makanan-makanan berat.

 

Untuk mengobati diabetes, kamu bisa mengonsumsi buah strawberry secara langsung sebagai camilan dan tentunya tanpa tambahan gula.

 

7. Melancarkan buang air besar

Apakah kamu memiliki siklus buang air besar yang tidak lancar atau sembelit? Jika iya, kamu dapat mengonsumsi buah strawberry secara rutin. Kamu bisa mengonsumsi buahnya secara langsung atau dalam bentuk jus.

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah strawberry mengandung serat dan mineral yang cukup tinggi guna menjaga kesehatan sistem pencernaan. Semua kandungan tersebut dapat mengatasi masalah sembelit, serta mampu melancarkan sistem pencernaan.

8. Menurunkan berat badan

Untuk memiliki berat badan ideal, kamu bisa memasukkan buah strawberry ke dalam menu diet sehat kamu sehari-hari. Buah yang satu ini mengandung rendah kalori, namun memiliki serat yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C yang dimilikinya juga bisa meningkatkan metabolisme yang akan membakar kalori lebih efektif.

 

Selain itu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, strawberry juga memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan dan siklus buang air besar. Dengan begitu, buah yang satu ini akan membantu tubuh dalam mendorong sisa-sisa makanan agar tidak tertimbun terlalu lama yang bisa menyebabkan badan menjadi gemuk.

 

9. Menjadikan rambut menjadi sehat dan berkilau

Strawberry juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk mencegah kerontokan pada rambut. Hal ini dikarenakan, adanya nutrisi efektif yang terkandung dalam buah ini dan berfungsi untuk mencegah penipisan rambut, munculnya ketombe, serta infeksi jamur.

10. Menghilangkan kerutan di wajah

Elastisitas kulit dapat ditingkatkan dengan bantuan kolagen yang dihasilkan oleh vitamin C. Nah, saat elastisitas kulit berkurang, maka kamu akan terlihat lebih tua dan lebih keriput. Strawberry dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan kerutan pada wajah karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan akan membuat kulit wajah terlihat lebih muda.

 

11. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sinar matahari atau sinar UV dikenal sebagai salah satu penyebab kulit bermasalah. Paparan sinar UV yang tinggi bisa mengakibatkan kulit menjadi kusam dan warna kulit menjadi tidak rata. Nah, kamu dapat memanfaatkan kandungan antioksidan dari buah strawberry untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV yang tinggi. Dengan begitu, kulit kamu pun bisa terjaga kelembapannya.

 

12. Membersihkan kulit

Strawberry terbukti kaya akan antioksidan yang dapat memudahkan pengeluaran kotoran dalam permukaan kulit. Selain itu, buah yang satu ini juga mampu menghilangkan toksin pada kulit. Nah, kalau kamu membutuhkan alternatif pembersih kulit wajah yang alami, kamu bisa mencoba pembersih wajah yang terbuat dari buah strawberry ini.

 

13. Menyerap minyak berlebih

Manfaat strawberry untuk kecantikan selanjutnya adalah kemampuannya dalam menyerap minyak dan lemak berlebih pada wajah. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin C yang dimilikinya efektif menghilangkan minyak dari kulit dan menjaga kebersihan wajah agar tetap terlihat cerah.

14. Membuat kulit terlihat glowing

Buah strawberry juga terbukti mampu membuat kulit wajah menjadi glowing. Hal tersebut dikarenakan adanya vitamin dan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, strawberry selalu hadir dalam produk perawatan dan pencerah kulit wajah.

 

15. Menghilangkan sel kulit mati

Pernahkah kamu melihat ada sel kulit mati atau bekas jerawat di wajah, tetapi sangat sulit diambil dengan tangan? Nah, alih-alih menimbulkan infeksi jika terus memaksakannya, kamu bisa memanfaatkan produk perawatan wajah yang terbuat dari kandungan buah strawberry. Hadirnya kandungan asam salisilat dalam buah strawberry dapat menjadikan sel kulit mati menjadi lebih mudah terangkat dari pori pori kulit wajah.

 

16. Menunda tanda penuaan

Strawberry juga memiliki kemampuan untuk menunda tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, kulit kering, dan keriput. Hal tersebut dikarenakan tingginya antioksidan yang dapat meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, sehingga menjaga kulit dapat terus elastis.

 

Jadi, itulah deretan manfaat strawberry untuk kesehatan dan kecantikan. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus, selai, salad, hingga menjadi perasa makanan dan minuman.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed