by

5 Tips Pintar Belajar Bahasa Asing

Foto : Istimewa

BOGORONLINE.com, Menguasai bahasa asing memang selalu menjadi nilai tambah, baik ketika berpergian atau melamar pekerjaan di luar negeri. Akan tetapi, sebagian orang seringkali beranggapan proses belajar bahasa asing sangatlah sulit.

Namun kenyataannya, tidaklah sesulit itu, terutama dengan semua fasilitas teknologi dan aplikasi bahasa yang interaktif yang zaman sekarang mudah ditemukan.

Jadi, jika tertarik belajar bahasa asing, inilah 5 tips bagi pemula.

1. Tentukan Goals Atau Tujuan

Seseorang tidak akan bisa menguasai sebuah bahasa hanya dengan mengikuti beberapa kelas atau sesi online. Jadi, tidak perlu berkecil hati di awal.

Cara yang tepat untuk belajar bahasa asalah dengan menentukan goals atau tujuan yang memungkinkan di awal. Hal ini akan membantu seseorang agar tidak kewalahan.

Misalnya, mulai dengan 50 kata dari sebuah bahasa agar dapat memahaminya lebih baik, sebelum melanjutkan dengan bagian yang sulit seperti tata bahasa.

2. Belajar Sesuai Dengan Pola Belajar Diri Sendiri

Ketika mempelajari sesuatu yang baru, efektifnya dengan belajar sesuai pola belajar diri sendiri bisa lebih membuat seseorang nyaman saat mempelajarinya.

Tentunya setiap orang memiliki pola belajar yang berbeda, terutama ketika belajar bahasa.

Beberapa orang mungkin merasa bahwa berbicara, mendengar, dan kemudian belajar itu efektif.

Yang lainnya mungkin merasa nyaman dengan pola belajar yang berbeda. Namun setiap orang pasti bisa mengetahui teknik yang bisa dilakukannya.

Pertahankan pola belajarnya dan ikuti pola ini setiap hari karena latihan mengarah pada kesempuranaan.

3. Menggunakan Bahasa Yang Ingin Dikuasai Dalam Gaya Hidup Lewat Hobi

Pertahankan proses belajar bahasa agar tetap menarik dengan menggunakan bahasa yang ingin dikuasai ke dalam hidup seseorang lewat minat.

Contohnya, jika seseorang suka menonton film, cobalah menonton film yang berbahasa asing, paling tidak satu kali seminggu. Hal lainnya yaitu seperti drama, musik, dan podcast.

Selain akan memperkuat pemahaman akan bahasa asing, praktik ini akan memperluas cakrawala minat seseorang.

4. Berpikir Dalam Bahasa Asing Untuk Membuat Percakapan Lebih Mudah

Biasanya orang melakukan monolog di kepala mereka sebelum berbicara, tapi yang seringkali terjadi seseorang menggunakan bahasa aslinya ketika melakukan hal tersebut.

Hal ini akan membuat penerjemahan pikiran ke dalam bahasa asing menjadi sangat sulit.

Jadi cobalah dengan berpikir dalam bahasa yang ingin dikuasai. Jenis visualisasi ini menghasilkan percakapan yang jauh lebih mudah pada saat dipraktekkan secara langsung.

Seseorang dapat memulai dengan mempraktikan pertanyaan yang umum ditanyakan dan jawaban di pikiran sendiri.

5. Berbicaralah Dengan Orang Yang Fasih Dalam Bahasa Asing Yang Ingin Dipelajari

Kelas bahasa, baik secara tatap muka dan online, dapat mengajari seseorang hal-hal penting dari suatu bahasa.

Akan tetapi, kecuali seseorang melakukan latihan ini dalam percakapan, tidak akan menjadi ahli.

Temuilah orang yang fasih dalam bahasa asing yang ingin dikuasai dan berbicaralah dengan mereka. Dengan begitu percakapan ini akan membantu dalam meningkatkan pengetahuan seseorang terkait bahasa.

Point plusnya, ada bonus tambahan pula dari menjalin pertemanan dari berbagai kebudayaan yang berbeda. (Elya Rosa Gobel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed