by

Apakah Nge-charge HP Semalaman Bikin Baterai Rusak Itu Hanya Mitos?

(Sumber: Tribunnews.com)

BOGORONLINE.com, – Salah satu waktu favorit untuk nge-charge smartphone ialah pada malam hari. Cukup tinggal tidur, besoknya baterai sudah penuh dan siap menemani aktivitas kamu. Namun, dari dulu banyak yang mengatakan kalau nge-charge smartphone yang ditinggal tidur alias semalaman itu berbahaya, dapat menyebabkan overheat , dan bisa merusak baterai.

Kamu mungkin masih penasaran, benar atau salah sih? Nah, penasaran, yuk simak berikut ini.

1. Smartphone Itu Pintar, Begitu Pula dengan Baterai nya

Smartphone sesuai dengan namanya sudah dibekali kemampuan cukup pintar, begitu pula dengan baterainya.

Tentu dengan alasan ini, ponsel cerdas sudah mampu menghitung daya yang masuk ke baterai dan menyesuaikannya ketika hampir penuh.

Menurut pihak  Anker, salah satu perusahaan daya smartphone , semua perangkat saat ini sudah memiliki  chipset built-in  yang mencegah proses pengisian saat baterai pegang 100%. Sedangkan menurut CEO iFixit, Kyle Wiens, perusahaan Amerika Serikat yang fokus memberikan panduan untuk reparasi smartphone. Masalahnya bukan pada bagaimana proses pengisian, tetapi tentang siklus pengisian baterai itu sendiri.

2. Pengisian Daya Dihitung Berdasarkan Siklus

Baterai smartphone rata-rata memiliki kapasitas 400 kali siklus pengisian daya. Artinya, jika dihitung rata-rata satu hari “” mengisi daya, kualitas baterai yang terjamin selama satu setengah tahun bahkan lebih. Setelah itu, lambat-lahan kualitas baterai mungkin akan menurun. Jadi, tidak masalah jika kamu nge-charge smartphone sampai baterai penuh, entah Itu siang atau malam, tidak akan memengaruhi kualitas baterai. Meski begitu, sengaja kamu selalu menggunakan charger yang asli dan taruh smartphone di tempat yang aman untuk mencegah overheat .

Endapan panas bisa terjadi jika smartphone kamu memiliki case dengan desain yang buruk dan tidak memungkinkan pembuangan panas. Masalah ini juga dapat muncul, jika kamu menaruh ponsel yang diisi daya di bawah bantal.

         

Nah, itulah alasan kenapa nge-charge smartphone semalaman tidak berbahaya sama sekali. Kesimpulannya, yang penting sih kamu menggunakan smartphone sewajarnya saja dan jangan lupa selalu gunakan aksesoris yang asli ya.

(Dea Rizky Ramadhan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed