by

Buah yang Satu Ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan Lho, Penasaran Apa Saja Manfaatnya?

(Sumber: IDN Times)

BOGORONLINE.com, – Pernah melihat atau mendengar tentang buah matoa? Buah matoa merupakan buah asli Indonesia, tepatnya berasal dari tanah Papua. Buah bernama ilmiah pometia pinnata ini masuk dalam famili Sapindaceace yang mirip dengan buah leci dan maple. Panjang batang pohonnya bisa mencapai 15-20 meter. Bentuk buahnya lonjong seperti buah sawo dan hanya berbuah pada bulan Juli sampai Oktober setiap tahunnya.

Buah ini memiliki rasa yang unik perpaduan beberapa buah, seperti leci dan rambutan. Tekstur buahnya berair, aromanya kuat dan rasanya manis.

Buah ini popular bukan karena tanpa alasan. Selain memiliki rasa yang manis dan nikmat, buah yang satu ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C dalam buah matoa dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga dapat melancarkan peredaran darah yang berhubungan dengan jantung. Buah ini dapat menjaga kesehatan jantung untuk menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit strok.

Terdapat vitamin C dan E di dalam buah ini yang mampu mencegah penyakit jantung koroner dan berperan mencegah degenerasi sel-sel. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam buah ini berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh dan tidak mudah sakit.

3. Dapat Melawan Virus Berbahaya

Diperlukan sistem kekebalan tubuh yang sehat untuk dapat melawan virus berbahaya, apalagi di saat kondisi seperti sekarang. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah ini sangat tinggi dan mampu melawan virus.

Buah matoa dapat dikonsumsi untuk menekan pertumbuhan infeksi virus ringan hingga berbahaya, seperti flu, herpes bahkan HIV.

4. Dapat Mencerahkan Kulit

Ingin miliki kulit yang sehat dan bercahaya? Kamu bisa mengonsumi buah matoa. Karena, kandungan vitamin E dan C dalam buah ini dapat membuat kulit lebih sehat dan cerah.

Vitamin E dalam buah ini  dapat meningkatkan regenerasi sel kulit. Sementara itu, vitamin C akan membuat wajah lebih cerah dan terjaga kelembapannya.

5. Mencegah Munculnya Jerawat

Sebal dengan munculnya jerawat? Umumnya, jerawat yang muncul di wajah dapat disebabkan oleh bakteri dan kotoran yang menumpuk. Buah matoa memiliki senyawa antimikroba yang dapat mencegah munculnya jerawat.

Jadi, jika ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bebas jerawat, dengan mengomsumi buah ini dapat menjadi salah satu pilihan lho.

6. Memperbaiki Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Tahu tidak sih? Buah matoa juga mampu memperbaiki kulit dari paparan sinar matahari atau sinar UV (ultra violet). Tingginya sinar UV pada tubuh dapat membuat kulit rusak, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Dengan penggunaan produk kecantikan yang mengandung SPF seperti sunscreen saja tidak cukup. Jadi, kamu bisa menambah asupan vitamin E dari buah ini untuk memperbaiki  kulit dari sinar UV.

Selain melindungi kulit dari paparan UV, buah ini dapat membuat kulit wajah menjadi lebih lembap, sehat dan elastis lho.

 

(Dea Rizky Ramadhan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed