by

Cara Mengurangi Mata Minus Tanpa Kacamata, Cepat dan Mudah Dipraktikkan

 Mata minus atau miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Mata minus terjadi jika kornea dan lensa terlalu cembung atau bola mata terlalu panjang, sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina.

Sejauh ini, penanganan mata minus yang  paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan kacamata. Namun, penggunaan kacamata ini bukan bersifat menyembuhkan mata minus atau menghilangkan minus. Kacamata hanya digunakan untuk membantu mata memfokuskan kembali bayangan yang masuk agar bisa tepat jatuh ke dalam retina. Penyembuhan mata minus umumnya akan dibantu dengan tindakan medis, salah satunya adalah dengan operasi. Tindakan operasi untuk mengobati mata minus biasanya dilakukan dengan menggunakan media laser, yang pada nantinya akan membuat mata normal kembali secara permanen. Namun operasi laser pada mata juga memiliki risiko sangat besar.

Bagi Anda yang ingin mengurangi mata minus tanpa tindakan medis, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih mata Anda:

1. Memfokuskan Penglihatan Menggunakan Telunjuk

Memfokuskan penglihatan pada satu titik merupakan salah satu cara untuk mengurangi mata minus. Untuk melakukan latihan ini, Anda dapat menggunakan jari telunjuk sebagai titik.

Cara melakukannya yaitu dengan meletakkan telunjuk 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan ke arah telunjuk, kemudian alihkan fokus ke objek yang jauh di belakang telunjuk. Lakukan hal ini dengan hanya melirik tanpa menggeserkan kepala dan ulangi hingga 10 kali sehari.

2. Senam Mata

Selain melatih fokus menggunakan telunjuk, mengurangi mata minus dapat dilakukan dengan melakukan latihan senam mata. Mata yang lelah dapat membuat risiko mata minus semakin besar. Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan pada mata untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik. Caranya cukup dengan menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi bola mata.

3. Menjemur Mata di Pagi Hari

Sinar matahari di pagi hari ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan tulang, tetapi juga bagus untuk kesehatan mata minus. Melakukan kegiatan menjemur mata di pagi hari merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi mata minus. Lakukan kegiatan ini dengan cara menutup kedua mata dan arahkan mata ke arah matahari hingga terasa hangat.

Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga dapat tercukupi.

4. Teknik Eye Palming

Selain menjemur mata di bawah matahari pagi, Anda juga dapat melakukan teknik eye palming. Teknik eye palming ini dilakukan dengan cara menggosokkan kedua tangan hingga terasa hangat dan tutupi mata menggunakan kedua tangan tersebut. Teknik ini dapat kamu lakukan kapan saja saat Anda merasa mata dalam kondisi lelah.

5. Terapi Lilin

Terapi lilin merupakan cara tradisional yang dapat Anda coba untuk mengurangi mata minus. Menggunakan lilin dipercaya dapat menyembuhkan mata minus dengan cepat. Cara melakukannya yaitu dengan menyalakan lilin dan menatap cahaya tersebut selama beberapa menit. Usahakan untuk tidak berkedip dan lakukan sampai air mata keluar. Jika air mata sudah keluar, hentikan dan ulangi keesokan harinya. Namun, tidak dianjurkan untuk melakukan terapi lilin ini dengan frekuensi yang sering.

Itulah beberapa tips untuk mengurangi mata minus/rabun. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed