by

Tips Memilih Pisang Yang Bagus


foto : istimewa

Membeli buah memang butuh kejelian khusus supaya tidak salah pilih. Apalagi pisang. Saya dulu seringkali terkecoh dengan pisang yang warnanya sudah kuning. Tapi saat akan disantap, rasanya masih sepet dan bergetah. Rugi, deh.

Pisang yang matang ternyata tidak bisa ditentukan dengan perubahan warna kulitnya saja. Ada beberapa ciri-ciri lain yang perlu anda perhatikan supaya tidak salah lagi dalam membeli pisang.

Berikut ada beberapa tips buat kalian yang ingin membeli pisang bagus.

1. Perhatikan tandan pisangnya

Tips pertama saat memilih pisang adalah dengan melihat kesegaran dari tandan pisang yang akan kamu beli. Tandan tersebut dapat menjadi indikasi dari kesegarannya. Tandan pisang yang masih segar memiliki warna hijau, sementara tandan pisang berwarna kuning atau bahkan kecokelatan memiliki indikasi bahwa pisang telah lama dipanen.

2. Jangan dulu menolak pisang berbintik cokelat

Orang seringkali memilih pisang dengan warna yang kuning, sementara menolak mengonsumsi pisang yang telah memiliki bintik cokelat. Bintik cokelat pada pisang menandakan kematangan dan rasa manis dari pisang. Bintik cokelat ini disebut sebagaiĀ sugar spotĀ yang dapat menjadi tanda kematangan dari pisang dan dapat kemudian diolah menjadi kue atau hidangan lezat lainnya.

3. Tekstur pisang yang lembut

Pisang dengan kualitas bagus memiliki tekstur atau konsistensi yang lembut saat dikonsumsi, ini menjadi salah satu indikasi bahwa pisang tersebut dalam kondisi yang segar. Sementara apabila kamu menemukan pisang berwarna kuning cerah layaknya pisang matang, namun justru keras saat dikonsumsi maka bisa jadi pisang tersebut dimatangkan secara kimia dan bukan melalui proses alami.

4. Pilihlah pisang dengan warna yang merata

Saat memilih pisang kita juga dapat memperhatikan warna dari pisang tersebut. Pisang dengan kualitas dan rasa yang manis memiliki karakteristik yaitu warnanya yang merata. Pisang dengan kualitas bagus tentu memiliki warna kuning merata pada setiap sisinya. Apabila kamu menemukan pisang dengan warna hijau pada sisi-sisinya, maka dapat menjadi indikasi bahwa pisang tersebut belum matang.

5. Pastikan permukaan pisang masih halus dan lembut saat disentuh

Sebelum mengonsumsi pisang, cobalah untuk menyentuh bagian permukaan dari pisang tersebut. Pisang dengan kualitas yang bagus tentu akan halus dan lembut saat dipegang, berbeda dengan pisang yang memiliki permukaan kasar dan justru bergetah. Tentunya karakteristik dari pisang tersebut menandakan bahwa pisang itu masih mentah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed