by

4 Makanan Sehat Yang Bisa Membantu Menambah Berat Badan

Foto : Istimewa

BOGORONLINE.com, Kebanyakan orang melakukan diet hanya berfokus untuk menurunkan berat badan, karena obesitas membawa banyak tantangan. Namun kekurangan berat badan pun sama tidak sehatnya dengan gemuk. Menambah berat badan tidaklah semudah kelihatannya.

Mengonsumsi makanan rendah gizi dapat meningkatkan berat badan seseorang, akan tetapi kebiasaan ini dapat merusak kesehatan seseorang. Untuk itu inilah 4 makanan yang wajib dicoba untuk menambah berat badan secara sehat.

1. Susu

Susu merupakan sumber kasein dan protein yang sangat bagus. Keduanya dapat membantu proses pembangunan otot ketika dikombinasikan dengan olahraga secara teratur.

Faktanya, mengonsumsi susu dapat memberikan keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik, dimana semua itu sangat penting bagi penambahan berat badan.

Bukan hanya itu, susu juga mengandung banyak vitamin dan mineral esensial, termasuk kalsium, yang dapat membantu dalam membuat tulang agar lebih kuat.

2. Kacang-Kacangan, Biji-Bijian Dan Buah Kering

Kacang-kacangan adalah pilihan sempurna untuk proses menambah berat badan seseorang.

Mengandung mineral, serat, antioksidan, dan lemak sehat, kacang-kacangan memiliki jumlah kalori yang memadai. Misalnya, segenggam almon mentah saja terdapat 170 kalori.

Selai kacang yang dibuat tanpa gula tambahan atau minyak hidrogenasi pun juga efektif.

Buah-buahan kering dan biji-bijian juga memiliki kandungan kalori dan antioksidan dalam jumlah yang memadai.

3. Beras

Beras merupakan sumber karbohidrat sehat yang baik dan mengandung banyak kalori. Biasanya secangkir beras mengandung 200 kalori.

Kandungan ini dapat membantu seseorang memperoleh jumlah karbohidrat dan kalori yang tinggi dari satu sajian, terutama ketika seseorang tidak nafsu makan atau cepat kenyang.

Beras juga mudah dipadukan ke makanan yang memiliki kandungan protein dan sayuran.

4. Zat Tepung

Makanan yang kaya akan zat tepung dapat memberi karbohidrat dalam jumlah memadai, menambah isi ke santapan, dan meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi. Zat tepung yang terkandung pada sayuran juga kaya akan mikronutrisi dan serat.

Beberapa contoh makanan sehat mengandung zat tepung ialah jagung, buncis, ubi jalar, kacang polong, sereal, oat, roti, biji-bijian utuh, quinoa, dan kacang arab. (Elya Rosa Gobel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed