by

5 Macam Teh Herbal Yang Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Foto : Istimewa

BOGORONLINE.com, Teh merupakan salah satu minuman yang cukup populer bagi kesehatan. Bagi masyarakat Indonesia teh dinikmati bersama makanan sehari-hari. Teh juga dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan dan teh yang paling banyak dikenal adalah teh hijau dan matcha. Namun selain teh hijau dan matcha, ternyata ada juga jenis teh lainnya yakni teh herbal yang mempunyai berbagai manfaat yang tak kalah penting.

Ketika seseorang memikirkan minuman sehat, biasanya hal yang pertama terlintas yaitu teh herbal tradisional. Yang membuat teh herbal terkenal karena khasiat terapeutik dan penyembuhannya. Berikut 5 macam teh herbal yang digunakan untuk menjaga kesehatan.

1. Teh Ginseng

Di Korea banyak yang mengkonsumsi ginseng, namun kini ginseng juga populer dikonsumsi sebagai teh herbal.

Teh herbal ginseng manfaatnya dapat menurunkan tekanan darah, menjaga kelenturan pembuluh darah, serta menghambat terbentuknya gumpalan. Efek ini baik bagi kesehatan jantung.

2. Teh Kamomil

Teh kamomil ini memiliki aroma yang khas dan menenangkan, makanya tidak heran banyak yang menyukai teh herbal yang satu ini.

Secara tradisional, teh kamomil sering digunakan untuk meredakan rasa cemas dan membantu tidur nyenyak. Bukan hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa teh kamomil memiliki banyak zat antiradang dan antioksidan yang dapat mengurangi nyeri dan mengatur kestabilan kadar gula darah.

Efek tersebut juga dapat diperoleh dari tanaman herbal lainnya, seperti daun mangga.

3. Teh Adas

Biji adas secara tradisional digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti sakit perut, sembelit, dan kembung.

Meski begitu, teh herbal adas ini masih membutuhkan studi lebih lanjut terkait manfaatnya.

Teh adas dapat dibuat dengan cara, seduh 1-2 sendok teh biji adas yang sudah dihaluskan dengan satu gelas air hangat, lalu diamkan selama 10-15 menit sebelum minum.

4. Teh Kunyit

Walaupun secara ilmiah belum ada bukti, namun kunyit telah banyak digunakan untuk mencegah kembung dan mengobati batu ginjal.

Studi pada hewan menunjukkan bahwa kunyit bisa mencegah kanker dan mengurangi peradangan. Namun sayangnya, penelitian terkait manfaat tersebut belum diuji kepada manusia.

5. Teh Jahe

Teh jahe memiliki antioksidan yang dapat membantu menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Teh jahe juga efektif mengatasi mual, terutama mual yang disebabkan oleh mabuk perjalanan, morning sickness, atau efek samping pengobatan kanker.

Selain itu jahe juga dapat meredakan nyeri haid dan sembelit, serta mencegah tukak lambung. (Elya Rosa Gobel)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *