by

Kamu Memiliki Kulit Wajah Berminyak? Yuk Lakukan Cara Ini Agar Kulit Wajahmu Bebas Dari Jerawat

Sumber : grid.id

BOGORONLINE.com, Bogor – Memiliki kulit wajah yang sehat dan tidak berminyak pastinya menjadi dambaan setiap para wanita dan laki-laki. Minyak atau sebum sebenarnya penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Namun, jika produksinya terlalu berlebihan pastinya akan menganggu ya. Kondisi seperti ini akan menyebabkan penyumbatan pori-pori, jerawatan, beruntusan dan komedo.

Namun, jangan menganggap sebum adalah musuh kulit berminyak, karena sebum ternyata juga bermanfaat untuk melembapkan kulit. Jadi, perhatikan cara mengatasi kulit wajah berminyak agar produksi sebum dapat terkontrol serta kelembapan kulit tetap terjaga. Simak penjelasan berikut ini untuk mengatasi wajah berminyak agar terbebas dari jerawat dan teman-temannya.

1. Membersihkan wajah secara rutin

Jika anda memiliki jenis kulit berminyak, mencuci muka secara rutin dapat mencari salah satu cara mengatasi wajah berminyak. Anda bisa mencuci muka saat pagi dan sore hari, serta setelah berolahraga. Hindari sabun cuci muka dengan wewangian, alkohol, dan kandungan yang terlalu kuat karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi.

Akibatnya, kulit jadi lebih banyak memproduksi sebum. Sebagai gantinya, gunakan sabun cuci muka dengan kandungan yang lembut ya. Anda bisa mencuci muka maksimal 2 kali sehari. Caranya, mulailah membilas wajah dengan air hangat. Lalu, gunakan sabun pembersih wajah seraya memijat muka perlahan. Selanjutnya, bilas wajah kembali dengan air hangat.

2. Rajin menghapus makeup

Setelah beraktivitas seharian, wajah perlu di bersihkan apalagi setelah menggunakan riasan wajah. Bahan kimia yang terlalu lama menempel pada wajah akan berefek buruk bagi wajah maka dari itu kita harus menghapusnya dari wajah.

3. Masker bengkoang

Bengkoang banyak digunakan sebagai produk pemutih wajah dalam dunia kecantikan. Tidak hanya mencerahkan, ia juga mampu mengatasi kulit berminyak. Kandungan B dan C yang di kenal berperan penting bagi kesegaran wajah banyak terkandung dalam bengkoang.

Cukup gunakan masker bengkoang atau juga mengonsumsi bengkoang secara rutin dapat mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajah.

4. Cuka apel

Cuka apel di kenal ampuh untuk mengatasi kulit yang berminyak dan mampu membasmi jerawat pada wajah menjadikan cuka apel sebagai produk yang sangat terkenal di kalangan beuaty vlogger. Caranya cukup mudah, hanya gunakan cuka apel sebagai toner dalam sehari-sehari setelah wajah di bersihkan.

5. Atur pola makan

Mengatasi kulit yang terlalu berminyak tidak bisa di lakukan hanya dari luar. Kamu juga harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuhmu. Sebab, sering kali makanan memengaruhi banyaknya produksi sebum. Dengan mengurangi konsumsi makanan berminyak, gula, susu, dan jankfood. Sementara, asupan yang sebaiknya di perbanyak adalah makanan yang mengandung zink, magnesium, vitamin B, dan omega-3.

Reporter : Sausan de Ananda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *