by

Takut Jarum Suntik Seorang Pria ODGJ Mengamuk Saat di Rapid Test

BOGORONLINE.com, RUMPIN – Satuan Tugas Penangan (Satgas) Covid 19 bersama Satgas Dinas Sosial Kabupaten Bogor bidang pendamping disabiltas mental melakukan rapid test corona kepada seorang pria mengalami ODGJ (Orang dengan gangguan jiwa) di Puskesmas Cicangkal, Kecamatan Rumpin.

Sebelumnya, petugas tersebut beserta Staf Desa Mekarsari melakukan pengejaran seorang pria berinisial AR warga Desa Mekarsari, Kecamatan Rumpin, sudah meresahkan warga desa setempat.

“Kami menerima laporan dari warga dan kepala Desa adanya seorang pria mengalami sakit gangguan jiwa dan meresahkan warga karena sering ngamuk serta melempari warga dengan batu,” ungkap Nurbaini Firdaus, Pedamping Disabilitas Mental Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

Ia mengatakan, sebelum melakukan rujukan ke Rumah Sakit Marjuki Mahdi (RSMM) Bogor, pria dengan gangguan jiwa ini dilakukan rapid tes di Puskesmas Cicangkal.

Menurutnya, yang tadi RSMM Bogor akan ada kedatangan 25 orang ODGJ. Namun
karena penanganan ini sifatnya urgen sehingga pihak RSMM Bogor menerimanya.

“Rapid tes ini dilakukan sudah SOP dari RSMM Bogor, sebelum dibawa kesana ODGJ, kita bersama tim medis Puskesmas Cicangkal melakukan rapid tes,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha Puskesmas Cicangkal Umar Mahdi menuturkan, seorang pria warga Desa Mekarsari dilakukan rapid test dan menghasilkan Non reaktif.

Umar juga mengutarakan, saat dilakukan rapid test seorang Pria mengalami ODGJ sempat mengamuk karena takut jarum suntik. “Kami melakukan penanganan sesuai perintah dr. Puskesmas Cicangkal memberikan obat penenang. Upaya memberikan obat penenang dengan menyuntikan agar seorang pria yang mengalami ODGJ ini tidak mengamuk. Karena ODGJ ini sebelumnya sering mengamuk, jadi kita berikan obat penenang, “pungkasnya. (Mul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *