by

SAMISADE, Pemdes Leuwimalang Bangun Jalan 1,6 Kilometer

BOGORONLINE.com, CISARUA – Jalan sepanjang 1,6 Kilometer yang melintasi tiga RT mulai dibangun Pemerintah Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade). Pembangunan dengan sistem padat karya.

Kepala Desa Leuwimalang, Yayan Nuryana mengatakan, program Samisade ini telah menyambungkan jalan antar kampung yang sebelumnya hanya jalan buntu yang tak bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Alhamdulilah dengan anggaran Samisade jalan Tumaritis-Bali dan Gumbira- Sina Rasa bisa tembus, nyambungin jalan tiga RT,” ujar Yayan saat Launcing realisasi Samisade, Senin (26/7/2021)

Selain mempermudah mobilitas warga, jalan yang dibangun dengan anggaran mencapai Rp 1 miliar ini akan menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat sekitar.

“Setelah jalan ini tembus, minimal kedepan pendapatan perkapita masyarakat di sekitar sini naik, karena banyak yang bisa dijadikan tempat usaha,” bebernya.

Pelaksanaan pembangunan jalan melalui padat karya ini melibatkan hampir 15 pekerja dalam satu RT nya.

“Nanti gantian setiap RT nya, kan ada tiga RT yang dipekerjakan pada pembangunan ini,” ungkapnya

Pekerjaan ditarget dalam waktu satu bulan akan selesai.

Kualitas pekerjaan, kata dia, harus menjadi nomor satu. Untuk itu, Tim Pelaksana Kerja (TPK) Desa Leuwimalang melibatkan tim teknis dari UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan wilayah II Ciawi dalam kegiatan ini.

“Untuk soal teknis ada pengawasan dari dinas teknis, ini tentunya akan membantu dari segi kualitas jalan,” terangnya

Desa Leuwimalang sempat mendapat predikat desa tertinggal sejak 7 tahun lalu. Namun, dengan terus berupaya memperjuangkan memperbaiki sarana dan prasarana, akhirnya Desa Leuwimalang naik tingkat menjadi level Desa Maju

“Ini tentunya menjadi kebanggaan bagi kami dan juga masyarakat Leuwimalang, dimana Desa Leuwimalang sudah lebih maju dari sebelumnya,” tandasnya.

Samisade merupakan bantuan infrastruktur desa yang digagas Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor. (*/Sep)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *