Dapat Bantuan Pusat, Tirta Pakuan Gratiskan Pemasangan Baru Untuk Warga Kertamaya

BOGORONLINE.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan dan Dinas PUPR Kota Bogor bersama Lurah Kertamaya, Ali Firdaus Abdul Kadir melakukan sosialisasi tentang pemasangan pipa air PDAM kepada masyarakat yang ada di Kertamaya.

Dalam sosialisasi itu, PDAM dan PUPR akan membuat dan memasang jaringan pipa PDAM bagi pelanggan baru secara gratis yang akan dilakukan pada 11 Juli 2022 mendatang.

Lurah Kertamaya, Muhammad Ali Abdul Kadir menjelaskan, program pemerintah ini untuk penambahan atau pemerataan saluran air bersih yang dikelola oleh pemerintah melalui Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

“Jadi sebelum dipasang ke rumah-rumah warga, kita sosialisasikan dulu kepada masyarakat. Agar warga kami ini mengetahui dan memahami program pemerintah,” ungkap Ali kepada wartawan, Kamis (7/7/2022).

Kemudian, masih kata Ali, program pemasangan saluran Pipa Air bersih rencananya dimulai pada 11 Juli 2022. Dimana saluran pipa air bersih dari PDAM itu akan mengaliri sebanyak 214 rumah, yang tersebar di 7 RW.

“Di kami ini ada 8 RW, tetapi untuk program ini untuk 7 RW, diantaranya RW01, 02, 04, 05, 06, 07 dan 08, dengan total 214 titik. Yang terbanyak di RW07, sebanyak 55 titik,” tandasnya.

Dalam program ini pun, kata Ali menggunakan anggaran dari kementerian sebesar Rp1,2 miliar.

“Tadi sudah disampaikan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat sebesar Rp1,2 miliar dan akan dikerjakan oleh PUPR dan juga Tirta Pakuan melalui pihak ketiga,” tambah dia.

Masih kata Ali, selama ini warganya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari menggunakan air sumur. Tetapi saat ini ada program dari pemerintah dan pemasangannya secara gratis.

“Jadi ini tidak ada pungutan apapun, alias gratis. Hanya nantinya ketika sudah terpasang, pelanggan tentunya membayar tagihan air ke Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor,” tutup Ali. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *