Kadisbudpar Apresiasi Kolaborasi Seniman dan Budayawan di Acara Kearifan Sastra Sunda

Bogor Raya381 views

Megamendung – Penggiat budaya,  sastrawan sekaligus pemilik Rumah Budaya HMA yaitu Halimah Munawir bersama Sastra Semesta menggelar acara  kearifan sastra Sunda.

Di sela penampilan para sastrawan seperti Sam Mukhtar Chaniago, Tuti Tarwiyah Adi, Nanang R Supriyatin, Eddy Pramduane, Dzakwan Alie, Tuti Susilawati dan Ebok, Halimah Munawir mengajak para sastrawan dan budayawan yang hadir selalu semangat melestarikan seni dan budaya Sunda.

“Saya mengajak para seniman dan budayawan untuk bersama-sama melestarikan seni budaya Sunda dan juga berkegiatan di Rumah Budaya HMA,” ucap Halimah Munawir kepada wartawan di Desa Kuta, Megamendung, Kabupaten Bogor, Senin, (25/07/2022).

Halimah Munawir menerangkan bahwa acara Sastra Semesta yang sudah ke 10 kali ini diselenggarakan berlangsung meriah, sastrawan yang hadir juga banyak yang datang dari luar kota.

“Acara walaupun sederhana berlangsung meriah, sastrawan darJakarta, Bandung, Indramayu, Cianjur, Majalengka hingga Riau juga sangat menikmati suasana yang indah dan sejuknya udara di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor,” terang pembina acara Sastra Semesta ini.

Selain penampilan para sastrawan, acara Sastra Semesta juga diisi oleh para budayawan. Seperti kolaborasi melukis dan membaca puisi yang ditampilkan Ari Gadho dan Joeliant Darniezt.

Lalu musikalisasi puisi yang dibawakan  Rini Diyanti Ayahbi dan penyanyi balada Fredo, teatrikal reading Herlina, teater jalanan nusantara , teater gunung, kebon sastra, pelatiahan produksi ecoprint  dan penampilan musik tradisional oleh bambu harmoni.

Dalam kesempatan ini, Halimah Munawir pun mendapatkan cindera mata lukisan dari Ari Gadho. Lukisan tersebut terinspirasi dari puisi berjudul Titik Nadir, yang ditulis oleh Halimah Munawir.

Sambutan Ireng Halimun sebagai koordinator acara Sastra  Semesta, ia pun turut bangga dengan keberadaan Rumah Budaya HMA, sebagai wadah giat para sastrawan, budayawan dan seniman.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bogor Deny Humaidi yang turut hadir pun mengapresiasi, baik acara Sastra Semesta ke 10 maupun penampilan sastrawan, budayawan dan juga seniman

“Saya mengapresiasi Rumah Budaya HMA yang sejak bertahun-tahun rutin melaksanakan giat pelestarian seni dan budaya, seperti hari ini yang juga menampilkan kearifan sastra Sunda,” ujar Deni Humaedi. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *