Kasus Dugaan Penyimpangan Dana Samisade di Desa Tonjong Tajurhalang Bogor, Masuk Tahap Lidik APH

TajurHalang, BogorOnline.com – Kasus tak kunjung selesainya proyek pembangunan infrastruktur jalan yang dibiayai dari program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) oleh Pemkab Bogor, tepatnya di wilayah RT 1,2 dan 3 RW 06 Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor, saat ini mulai masuk tahapan penyelidikan Aparat Penegak Hukum (APH).

Masalah ini bermula dari laporan warga Desa Tonjong kepada Polres Metro Kota Depok dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogo, karena keresahan warga yang merasa dirugikan jalan di wilayahnya tak kunjung selesai dibangun.

Terlihat dilokasi penyelidikan lapangan, Irban V Inspektorat Kabupaten Bogor, Camat Tajurhalang, Fikri Ihsani dan juga penyidik dari Reskrim Polees Metro Depok Ronald didampingi ketua BPD Tajurhalang Asman, Ketua TPK Nurdin serta beberapa Ketua RT dan RW di wilayah jalan tersebut.

“Kami menghargai proses yang sedang berjalan intinya kami dari Pemerintah Kecamatan Tajurhalang akan selalu kooperatif dan menghormati proses hukum yang sedang berlangsung,” kata Camat Tajurhalang, Fikri Ihsani dalam keterangannya kepada wartawan dilokasi, Senin (19/6/23).

Sementara, salam kegiatan dilokasi titik awal pembangunan jalan samisade tersebut, Irban V Inspektorat Kabupaten Bogor membuat beberapa berita acara pemeriksaan yang disaksikan dan di tandatangani oleh pihak dan saksi terkait.

“Pada hari ini senin 19 Juni 2023, saya sebagai perwakilan dari Inspektorat Kabupaten Bogor sesuai dengan berita acara pemeriksaan hasil pembangunan jalan desa yang dibiayai oleh samisade dan sesuai dengan hasil pengukuran teknis kami terdahulu, maka kami tuangkan ke dalam berita acara yang di saksikan oleh penyidik polres Metro Depok, silahkan di tandatangani,” tegas Irban V Inspektorat Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Kepala Desa Tonjong Nur Hakim tidak terlihat dilokasi pemeriksaan sehingga aparat berwenang akan melakukan penjemputan untuk meminta tanda tangan berita acara pemeriksaan hari ini.

Warga yang diwawancarai di lokasi menyatakan, bersyukur dan meminta agar aparat penegak hukum bergerak cepat dalam menuntaskan kasus ini agar pembangunan di wilayah Desa Tonjong terus berjalan.

“Alhamdulillah hari ini sudah turun aparat terkait, mudah-mudahan mereka bisa bergerak cepat dalam menuntaskan kasus ini. k
Karena warga yang rugi pembangunan di desa kami jadi terhambat,” beber Sabar, salah satu warga Desa Tonjong yang berada dilokasi.

Sementara itu, menurut rumor yang beredar di kalangan warga sekitar, hari ini kepala Desa Tonjong akan dipanggil oleh Penyidik Polda Metro Jaya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *