Puluhan Pasutri Nikah Sirih, Ikuti Sidang Isbat Nikah Gratis di Kecamatan Cibinong Bogor

Cibinong, BogorOnline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang berkerja sama dengan Pengadilan Agama (PA) Cibinong Kelas 1A, kembali menggelar acara rutinnya berupa sidang isbat nikah terpadu bertempat di area halaman parkir kantor Kecamatan Cibinong, Jum’at 9 Juni 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, bahwa penyelenggaraan sidang isbat nikah yang tengah dilakukan di area halaman Kecamatan Cibinong itu, merupakan masih dalam rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541Tahun 2023.

Dimana, Pemkab Bogor yang mengucurkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) nya untuk para pasutri yang masih berstatus nikah sirih atau pernikahan sebatas agama bagi umat muslim, pada Jum’at pagi ini dapat mengesahkan pernikahannya tersebut untuk dicatatkan dalam memiliki buku nikah dari Pengadilan Agama (PA) setempat.

“Sidang isbat ini, Pemkab Bogor yang bekerja sama dengan PA Cibinong kelas 1A, Alhamdulillah berhasil menikahkan sebanyak 78 pasutri dari 200 pemohon yang mendaftar,” kata Sekda Burhanudin disela-sela acara dilokasi.

Burhan menyebut, dari 200 pemohon yang mendaftar namun hanya 78 pasutri yang dapat dilakukan isbat nikah tersebut, dikarenakan ke 122 lainnya tidak lulus verifikasi dan ketentuan yang berlaku.

“123 pemohon lainnya tidak lulus verifikasi dan syarat ketentuan yang diberlakukan oleh Pemda maupun PA Cibinong kelas 1A,” paparnya.

Burhan menjelaskan, bahwa sidang isbat nikah yang menjadi target pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Bogor tahun 2023 sebanyak 2500 pasutri. Semula yang sebatas menikah sirih, kini dapat mengesahkan pernikahannya melalui program isbat nikah milik Pemkab Bogor sebagai rangkaian HJB ke-541.

“Untuk target Pemkab sendiri sebanyak 2500 pasutri, dan yang sudah disidang isbatkan sampai hari ini sekitar kurang lebih 500 pasangan. Dan mudah-mudahan tercapai target,” terang Burhan.

Sekda Burhan juga menyerukan, bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bogor secara khususnya, bagi yang sudah berstatus menikah namun belum mempunyai buku nikah alias nikah sirih jangan malu-malu untuk ikut program Sidang Isbat Nikah Terpadu ini.

“Tidak perlu malu, ketika mereka (Pasutri) sudah menikah dan telah beranak pinak tetapi buku nikahnya belum punya. Justru ini kesempatan menurut saya, dan biayanya ditanggulangi dari anggaran pendapatan belanja daerah Kabupaten Bogor, alias gratis tanpa dipungut biaya apapun,” tuturnya.

Masih ditempat sama, Kepala Pengadilan Agama Cibinong Kelas 1A, Siti Salbiah menerangkan, jika apa yang dilakukan oleh Pemda kabupaten Bogor melalui program sidang isbat nikah terpadu merupakan hal yang luar biasa. Dilakukan untuk, sambung dia, untuk menertibkan pernikahan-pernikahan yang terjadi dimasa lalu akan tetapi belum memiliki buku nikah dari kantor urusan agama (KUA) kecamatan setempat.

Ia juga mengimbau, agar masyarakat Bumi Tegar Beriman secara khususnya tidak kembali melakukan pernikahan sirih atau tidak tercatat oleh negara.

“Jadi, silahkan langsung didaftarkan saja ke KUA. Kalau misalnya pasutri itu masih dibawah umur, lakukan dispensasi sesuai prosedur. Sehingga, jangan ada lagi nikah sirih-nikah sirih yang baru,” imbuhnya.

“Pengadilan agama Cibinong kelas 1A sangat konsen dalam mendukung program Pemda ini, dan mudah-mudahan acara tersebut bisa terlaksana sesuai dengan harapan semua pihak yang terlibat,” tandasnya menambahkan.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *