Bentuk Bukti Nyata, UPT PB 1 Cibinong Pasang Tanda Pengawasan di Bangunan Bodong Ini

Cibinong, BogorOnline.com – Sebagai bukti nyata dan konkrit, Kepala Kantor (Kakan) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penataan Bangunan Wilayah 1 Cibinong, pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, akhir menindak tegas bangunan komersil belum berizin, dimana pemiliknya mengklaim bahwa itu akan dijadikan lokasi sarana olahraga.

“Sudah dilakukan pemeriksaan,” kata Kakan UPT PB 1 Cibinong, Riza Juangsah Rahmat kepada wartawan media ini, Kamis (31/8/23).

Ia menjelaskan, bahwa yang bersangkutan betul memang belum mengantongi sejumlah perizinan seperti Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sebagai pengganti dari Ijin Mendirikan Bangunan Gedung (IMBG), namun pihak pemilik sudah terlebih dulu melakukan pengerjaan.

“Yang bersangkutan belum memiliki perizinan,” tegas dia.

Riza melanjutkan, sebagai tindakan dan bukti nyata dalam melakukan pengawasan terhadap pemilik bangunan belum berizin itu, jajarannya kini telah memasang tanda pengawasan bangunan. Berikutnya, sambung dia, akan dilayangkan surat teguran pertama dan seterusnya.

“Tindakan UPT dilokasi, sudah dipasang tanda pengawasan bangunan. Berikutnya akan dilayangkan Surat Teguran 1 dan seterusnya,” pungkas Riza.

Diketahui sebelumnya, Bangunan yang diperuntukan bagi sarana olahraga di kampung Sampora RT 001 RW 003 Kelurahan Cibinong, Kabupaten Bogor, diduga belum kantongi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sebagai pengganti IMBG.

Dalam keterangannya, penanggungjawab bangunan Guntur mengaku, jika PBG yang menjadi syarat utama sebelum melakukan sebuah bangunan komersil itu baru dilakukan pengurusan segala perizinannya.

“Bangunan PBG nya lagi proses pengurusan,” kilah Guntur saat dikonfirmasi wartawan media ini, Selasa (29/8/23).

Ia melanjutkan, jika gedung yang tengah dibangun itu diperuntukkan bagi sarana olahraga.

“Itu memang belum ada (PBG, red), makanya ga di teruskan dulu,” ucapnya.

Sementara itu, informasi yang diperoleh wartawan media ini jika bangunan yang tengah dibangun namun belum mengantongi PBG tersebut, jika melihat dari Nomor Induk Berusaha (NIB) disinyalir merupakan Rumah/Warung Makan. Adapun, jasa penyelenggara event khusus (Special Event), dan Aktivitas Taman bertema atau taman hiburan lainnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *