Survei LS Vinus, Elaktabilitas Anies di Bogor Kedua Setelah Prabowo, Yusfitriadi: politik identitasnya kuat 

 

Cibinong – Lembaga Studi Visi Nusantara (Vinus) merilis survei calon presiden, Partai politik, DPR RI, DPRD Jawa Barat, DPRD Kabupaten Bogor, Gubernur hingga calon Bupati Bogor.

 

Survei dilakukan pada periode 1 hingga 10 Agustus 2023 dengan metode random sampling kepada 2.400 masyarakat Kabupaten Bogor yang tersebar di 40 Kecamatan.

 

Dalam survei yang dirilis LS Vinus itu, menunjukan bahwa masyarakat Kabupaten Bogor cenderung memilih calon Presiden Prabowo Subianto dengan persentase 43,04%. Kedua Anies Rasyid Baswedan sebesar 23,92% dan Ganjar Pranowo sebanyak 16,71%.

 

Di bawah tiga besar itu, muncul mana Ridwan Kamil sebagai calon presiden dengan persentase 1,17 persen dan calon lainnya yang persentasenya di bawah satu persen.

 

 

Direktur Eksekutif Vinus Yusfitriadi menyebut, dalam survei tersebut tercantum nama Anies Baswedan yang memiliki persentase terbanyak kedua setelah Prabowo Subianto sebagai calon presiden pilihan masyarakat Kabupaten Bogor.

 

Menurutnya, wajar saja jika Anies memiliki suara banyak di Kabupaten Bogor. Sebab, warga Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bogor sangat kental dengan politik identitas.

 

“Ini kan sejak awal, isu politik identitas. Jawa barat cukup kuat politik identitasnya. Sehingga ini, yang diopinikan politik identitas kan sering kali diatributif kan dalam sebuah agama. Nah, Anies ini terkenal dengan politik identitasnya,” papar Yusfitriadi, Selasa 15 Agustus 2023.

 

Yusfitriadi menyebut, masyarakat Jawa Barat juga pernah berhasil memenangkan Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 lalu di Jawa Barat. Tak sedikit diantaranya para pendukung Prabowo di Jawa Barat merupakan kelompak islam yang cenderung kental dengan politik identitasnya.

 

“Ada kelompok-kelompok besar yang juga kuat di Jabar, yang dulu dalam ijtima ulama itu ke Prabowo. Seperti FPI, HTI dan kelompok lainnya,” papar dia.

 

Sehingga, dengan masuknya Prabowo dalam pusaran pemerintah, Anies Baswedan diuntungkan dan didukung oleh para kelompok-kelompok tersebut di Jawa Barat.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *