DinKUKMDagin Jalankan Program Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri

BOGORONLINE.com – Program Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri yang dilaksanakan melalui kegiatan Pelaksanaan Promosi, Pemasaran dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dilaksanakan berbagai sub kegiatan antara lain :

1. Ikut serta dalam Pameran Food ethnic atau Festival Keanekaragaman makanan tahun 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 5 Februari 2023 bertempat di Grand Ballroom Sudirman Kota Bandung. Terdapat 9 UKM yang ikut serta dan dalam kegiatan tersebut Kota Bogor meraih juara 2 dan 3 Lomba Kemasan IKM serta stand favorit pengunjung.

2. Keikutsertaan Dinkukmdagin dan Dekranasda Kota Bogor pada Pameran Inacraft 2023 bertempat di JCC mulai tangal 1 s.d 5 Maret 2023. Dengan tema stand klasik kontemporer Stand Kota Bogor diisi oleh 7 (tujuh) UKM unggulan yang membawa hamper 50 jenis produk unggulan. Salah satu produk dari Rumah Keramik terpilihsebegai best prize in ceramics category inacraft award 2023.

3. Keikutsertaan dalam Pekan Kerajinan Jawa Barat Tahun 2023 pada tanggal 7 s.d 9 Juli 2023 bertempat di Gedung sate Provinsi Jawa Barat selain pameran terdapat kegiatan helaran kreatifitas unggulan daerah yang menampilkan promosi berbagai merchandise mascot baru Kota Bogor yaitu SI Rubo. Pada jang PKJB tersebut Kota Bogor mendapatkan penghargaan pada kategori Pembina award juara 1, stand terfavorit serta terkomunikatif.

HUT APEKSI ke23

4. Ikut serta dalam pameran HUT APEKSI ke23 Tahun 2023 di Kota Palembang Provinsi Sumaterra Selatan pada tanggal 6 s.d 9 Juni 2023 bertempat di Hotel Santika Premiere Palembang pada kegiatan pameran tersebut stand Kota bogor membawa lebih dari 60 Jenis Produk unggulan yang berasal dari 12 UKM.

5. Pelaksanaan pameran Sarasehan Istri Walikota yang dilaksanakan pada tanggal 02 s.d 04 Oktober 2023 bertempat di area taman Nukila Jl. Sultan M Djabir Sjah Ternate Provinsi Maluku Utara. Konsep stand pameran Kota Bogor focus terhadap promosi mascot si Rubo yang dipadukan dengan penyediaan coffe shop yang menjadi perhatian pengunjung, terdapat 108 jenis produk yang berasal dari 25 UKM yang dibawa dalam pelaksanaan pameran dimaksud.

Pameran Sarasehan Istri Wali Kota

6. Rakerda Dekranasda Jawa Barat dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2023 bertempat di Hotel Aryadta Medan Sumatera Utara sebagai wadah penyelarasan dan sinergitas program kegiatan Dekranasda di seluruh Kab/Kota di Jawa Barat.

Rakerda Dekranasda Jabar

7. Kegiatan Pelatihan Pendampingan fasilitator e-commerce melalui branding, desain dan marketing Tahun 2023 dilaksanakan mulai tanggal 20,21,22, 23,26,27 Juni 2023 dengan jumlah total peserta sebanyak 240 orang yang merupakan perwakilan UKM pilihan dari (enam) Kecamatan di Kota Bogor dilaksanakan dalam 6 (enam) kali kegiatan pelatihan dengan jumlah peserta setiap kali kegiatan 40 orang. Kegiatan pelaksanaan kegiatan pelatihan di laksanakan di Ruang Lab Akuntansi IBI Kesatuan dan Ruang Serbaguna Universitas Binaniaga Inndonesia dengan tujuan :

a. Mendorong pemasaran produk UKM Kota Bogor dari Offline menjadi Online yang didukung dengan produk yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi.
b. Meningkatkan pemasaran produk UKM Kota Bogor melalui dunia digital melalui startegistrategi usaha yang khusus sehingga UKM Kota Bogor dapat berkompetisi pada pasar penjualan online yang sangat dinamis.

8. Pelaksanaan kegiatan Agregator Bisnis Online Mahasiswa Magang “Abon Mama”, merupakan program bantuan fasilitasi pengelolaan akun Instagram Bisnis yang dimiliki UKM Kota Bogor yang dilakukan oleh para mahasiswa yang melaksanakan program magang di Dinkukmdagin Kota Bogor.

Pelaksanaan Kegiatan Agregator Bisnis Online Mahasiswa Magang

Pada Tahun 2023 jumlah pelaku UKM di Kota Bogor yang diintervensi melalui program “Abon Mama’’ berjumlah 30 UKM yang dikelola oleh para mahasiswa magang di Dinkukmdagin Kota Bogor yang berjumlah 15 orang. (Advetorial)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *