Terkait Ibadah Bersama oleh Jemaat Gereja HKBP Cibinong, Ini Penjelasan Pendeta Tiapul

Cibinong, BogorOnline.com – Pendeta (Pdt) Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Cibinong Distrik 28 Deboskab, Kabupaten Bogor, Dr. Tiapul Hutahaean mengatakan, jika aksi ibadah bersama yang diinisiasi oleh jemaat HKBP Cibinong gedung lama dimaksudkan HKBP Ressort Cibinong yang utuh dan damai.

“Dengan keyakinan akan pertolongan Roh Kudus hingga seluruh jemaat di bukakan hati dan fikiran yang damai menuju HKBP Cibinong Resort Cibinong  yang utuh dan satu,” kata Pdt. Tiapul kepada wartawan, dilokasi aksi, Minggu (10/12/23).

Ia menerangkan, terkait hal tersebut, dengan ini pihaknya menyampaikan dasar yang melatarbelakangi pelaksanaan Ibadah Bersama sebagai berikut, bahwa pimpinan jemaat Gereja HKBP Cibinong Ressort Cibinong yang sah adalah Pdt. Tiapul Hutahaean, sedangkan Saudara Gideon Saragih bukan lagi Pendeta HKBP sesuai dengan SK Ephorus HKBP No. 1325/L08/Pdt/VIII/2021, maka dengan demikian seluruh aktivitas pelayanan saudara Gideon Saragih berada di luar tanggung jawab HKBP.

Adapun, surat Sekretaris Jendral (Sekjen) HKBP kepada Praeses nomor : 1482/L08/IX/2021, tanggal, 08 September 2021 tentang tindak lanjut Pelaksanaan SK Ephorus nomor  1325/L08/Pdt/VIII/2021 dalam surat tersebut di sebutkan dalam butir “Melarang dengan keras Pendeta Gideon Saragih melaksanakan pelayanan kependetaan antara lain, berkotbah, melayani sakramen (Babtis Kudus dan Perjamuan Kudus), pemberkatan pernikahan dan berbagai tugas kependetaan lainnya”.

“Bahwa bidang tanah gereja HKBP Cibinong Ressort Cibinong berupa Hak Milik SHM Milik No. 137 Desa Cirimekar terdaftar atas nama Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Cibinong Resort Cibinong,” bebernya.

Tiapul melanjutkan, surat praeses kepada Parhalado HKBP Cibinong Resort Cibinong No. 061/D.XXVIII.DEBOSKAB/SU/XII/2021, tanggal 02 Desember 2021, tentang pemberitahuan pemberhentian Gideon Saragih dan membicarakan pelayanan jemaat HKBP Cibinong. Adapun, surat praeses nomor 064/D. XXVIII.DEBOSKAB/SU/XII/2021, tanggal 14 Desember 2021, tentang pemberitahuan dan membicarakan pelayanan jemaat HKBP Cibinong, dan surat pastoral praeses nomor : 52/D.XXVIII.DDEBOSKAB/SU/V/2023.

“Maka, segala pelayanan dan administrasi gerejawi di HKBP Cibinong dikoordinasikan kepada Pendeta HKBP Cibinong Resort Cibinong yang di tempatkan oleh Kantor Pusat HKBP. Ini, adalah keterangan jemaat, baptis, sidi, martupol, pemberkatan nikah, perjamuan kudus, pengurusan surat ke catatan sipil dan pelayanan lainnya, hanya di layani atau atas persetujuan Pendeta HKBP Ressort Cibnong yang di tetapkan dan di tempatkan oleh Kantor Pusat HKBP,” jelas Tiapul.

Lebih lanjut ia memaparkan, aktivitas pelayanan menggunakan atau mengatas namakan HKBP Cibinong atau pun mencatut nama HKBP Cibinong tetapi tidak ada hubungannya dengan Kantor Pusat HKBP, HKBP Distrik XXVIII Deboskab dan tanpa ijin/sepengetahuan Pendeta HKBP Cibinong Resort Cibinong adalah merupakan aktivitas yang tidak sah dan di kategorikan sebagai perbuatan melawan hukum. Ia mengimbau, kepada seluruh jemaat dan majelis (Parhalado) mengkonsolidasikan segala aktifitas Pelayanan HKBP Cibinong kepada Pendeta HKBP Ressort Cibinong Pdt Dr. Tiapul Hutahaean untuk melakukan pelayanan pastoral kepada seluruh jemaat dan parhalado agar setiap warga jemaat mendapatkan pelayanan terhadap warga jemaat dan sebagai urusan administrasi grejawi yang di butuhkan.

Melakukan upaya, sambung Tiapul, bersama seluruh jemaat dan mejelis agar tercipta persaudaraan yang rukun dan merencanakan pelayanan ibadah bersama demi mencapai HKBP Cibinong yang utuh dan satu sebagai mana di kehendaki oleh Yesus Kristus di dalamnya do’a nya di Yohanes 17:21 ”Supaya semua mereka menjadi satu”

“Bersama Majelis (Parhalado) Jemaat memelihara dan menjaga komplek HKBP Cibinong dan semua asset atas nama HKBP Cibinong dari penyalahgunaan fungsi, pengalihan hak dan bentuk lainnya yang merugikan HKBP,” ucapnya.

“Dalam semua upaya atau proses menuju HKBP Cibinong yang utuh dan satu melalui Surat Pastoral ini Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab mengajak seluruh warga jemaat dan majelis HKBP Cibinong tetap mencerminkan sikap Kristiani dan bersama-sama menjaga serta memelihara kedamaian, jauh dari perseteruan, bersikap jujur dan jauh dari kebohongan dan memiliki hati yang tulus dan rendah hati,” tambahnya.

Lebih lanjut Tiapul menjelaskan, pihaknya mengajak untuk saling merangkul dalam persaudaraan yang rukun demi terciptanya persatuan di tubuh gereja HKBP Cibinong serta taat kepada aturan dan peraturan HKBP, karena surat pengembalaan Praeses No.038/D.XXVIII.DEBOSKAB/SU/VI/2022. tanggal 30 Juni 2022 untuk menyelesaikan permasalahan HKBP Cibinong;

“Sehubung hal tersebut, dengan ini kami menunggu kehadiran seluruh Jemaat HKBP yang masih berada di Gedung Baru untuk mendaftar menjadi anggota Jemaat HKBP Cibinong Ressort Cibinong. Kami pun mengajak, seluruh Sintua yang masih berada di Gedung Baru supaya bersama-sama menuju HKBP Cibinong Resort Cibinong yang utuh dan satu,” tutup Pdt. Tiapul.

Sebelumnya diketahui,

Ratusan jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Cibinong gedung lama, melakukan aksi damai di depan gerbang gedung HKBP baru, yang dilatarbelakangi adanya perselisihan antara dua kubu jemaat gereja tersebut sejak 2019 silam.

Terpantau, aksi damai yang dilakukan jemaat bangunan gereja HKBP Cibinong lama, membawa tulisan diposter dan ikat pita berwarna ungu dilengan sebelah kiri sembari memanjatkan do’a didepan gerbang bangunan baru, berharap dapat dibuka kan pintu gerbamg serta bisa melaksanakan ibadah secara bersama-sama lagi.

Namun, aksi damai yang dilakukan sejak pukul 09.00 WIB oleh jemaat bangunan lama, tak membuahkan hasil yang diharapkan. Alhasil, aksi saling dorong di depan gerbang besi hitam gedung HKBP baru sempat terjadi, hingga adanya upaya merangsek masuk oleh jemaat gedung lama.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *