Mengembangkan Pariwisata Berbasis Pentahelix ala Disparbud Kota Bogor

BOGORONLINE.COM – Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, memiliki potensi pariwisata yang terus berkembang dan perlu dioptimalkan lebih lanjut.

Bahkan saat ini ada obyek wisata baru yang dapat memantik pengembangan pariwisata dikelurahan tersebut semakin menjanjikan.

Yaitu hadirnya DSawah Resort, Resto & Rekreasi yang dalam usaha pariwisatanya terus berkembang diantaranya resto, panggung pertunjukan, funride, aquapark, camping ground dan resort.

Di mana kapasitas daya tampung sangat memadai dapat mencapai 1000 orang. Melihat potensi pemantik besar tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor pada Selasa, 21 Mei 2024 dipimpin oleh sekretaris dinas Ana Ismawati, menggelar rakor pengembangan pariwisata berbasis Pentahelix di Kelurahan Situ Gede.

Ana mengatakan, sudah saatnya kolaborasi dan sinergitas Pentahelix dalam pengembangan pariwisata perlu didorong lebih lanjut. Terlebih lagi, Kelurahan Situ Gede dengan potensi alamnya, dengan semakin terbuka aksesnya, ditambah dengan pemantik obyek wisata yang dikelola dunia usaha Dsawah Resort, Resto & Rekreasi menjadi peluang yang tidak boleh disia-siakan.

“Apalagi di Situ Gede terdapat pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat Kampung Wisata Situ Gede yang dibesarkan oleh Pokdarwis yang akan dioptimalkan pengelolaannya melalui penguatan kelembagaan dan tata kelolanya,” ujar Ana Ismawati, Kamis (23/5/2024).

Ia melanjutkan, selain itu terdapat pesona Situ Panjang yang belum banyak dikenal padahal memiliki pesona pemandangan alam yang luar biasa, saat ini masih seperti Situ yang tertidur belum menampakan pesonanya.

Belum lagi peluang lain seperti hutan Cifor, lanjutnya, Penangkaran Rusa ATP IPB Agrowisata ada disini.

“Peluang ini maka harus dijemput dengan sebuah kesiapan pengembangannya dengan merajut kolaborasi dan sinergritas Pentahelix, dimana hadir dalam rakor tersebut adalah direktur Dsawah Resort, Resto & Rekreasi, jajaran LPPM Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, Lurah, Perwakilan Kecamatan Bogor Barat, Ketua LPM, Ketua Pokdarwis Kota dan Kelurahan Situ Gede, Babinsa dan Babinkamtibmas,” jelas Ana.

Ana mengaku, dalam rakor tersebut manajemen DSawah Resort, Resto & Rekreasi menyambut dengan antusias rakor yang digagas oleh Disparbud Kota Bogor guna menyatukan kekuatan pengembangan pariwisata dan menyatakan siap berkolaborasi serta membangun sinergitas developing bersama.

Adapun, sambung Ana, pihaknya berencana membentuk asosiasi pengusaha Horeka Bogor Barat dan sinergi positif untuk membangun daerah, yang pada akhirnya akan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

LPPM Sekolah Tinggi Pariwisata dalam kesempatan tersebut bersepakat mendampingi melalui pelaksanaan research, meningkatkan kualitas SDM serta monitoring dan evaluasi.

“Pada kesempatan tersebut juga dibahas efek sosial yang timbul dilingkungan masyarakat, seiring terbukanya kawasan dengan kunjungan wisatawan,” katanya.

Lebih lanjut Ana mengatakan, penguatan masyarakat sadar wisata menciptakan lingkungan Sapta Pesona Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan diwilayah Kelurahan Situ Gede mutlak diperlukan disini peran pemberdayaan masyarakatnya sangat diperlukan.

Masyarakat melalui LPM dan Pokdarwis yang didukung oleh Lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas juga siap mendukung bergerak bersama untuk mewujudkan Kelurahan Situ Gede menjadi Kelurahan yang siap mengandalkan pariwisata sebagai salah satu andalan menggerakan kesejahteraan masyarakatnya.

“Beberapa hasil dari rakor ini perlu segera ditindaklanjuti oleh Disparbub bersama Kecamatan Bogor Barat, diharapkan dengan rakor lanjutan bersama Perangkat Daerah terkait untuk perencanaan terintegrasi dan berkelanjutan dalam mengembangkan pariwisata lebih lanjut di Kelurahan Situ Gede,” pungkas Ana.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *