by

Kabupaten Bogor Timur Segera Paripurna, M Ichsan Perkuat Dorongan Pembentukannya

Bogor, Bogoronline.com – Pembahasan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB), Bogor Timur dinilai jauh lebih siap secara administrasi dibandingkan Indramayu Barat.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sadar Muslihat menilai hal tersebut dari data-data yang disampaikan dalam rapat pembahasan bersama stakeholder dan Pemerintah Kabupaten Bogor pada pembahasan lanjutan mengenai (CDPOB).

“Melihat data-data yang dipaparkan Bogor Timur sangat memenuhi syarat untuk dimekarkan. Bahkan bukan keiinginan tetapi kebutuhan, jumlah penduduk maupun luas wilayah juga dari data yang ada jumlah pendapatan asli daerah baik induk maupun CDPOB sudah sangat memenubi syarat,” ujar Sadar di Pemkab Bogor, Rabu (14/4/2021).

Sadar memaparkan, secara geografis kondisi wilayah Bogor Timur sudah terintegrasi dengan jalur strategis seperti kawasan perkotaan dan lingkungan pemerintahan serta Sumber Daya Manusia (SDM) pun ia nilai tidak ada masalah, karena ketersedian pegawai yang cukup banyak, sehingga kini tinggal melakukan pendistribusian.

“Perkembangan infrastruktur yang ada Bogor Timur ini lebih menarik dan jauh lebih mudah untuk akses jalannya,” pungkasnya.

Penguatan dorongan juga datang dari anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat daerah pemilihan Kabupaten Bogor, Mochamad Ichsan Maoluddin.

Menurutnya, dengan berdirinya Kabupaten Bogor Timur maka hal tersebut akan mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

“Kajian itu tidak hanya dari Komisi I DPRD Jawa Barat tetapi juga dari berbagai stakeholder secara akademi bahwa Bogor Timur itu sudah memenuhi persyaratan baik dari sisi jumlah penduduk, pendapatan daerah yang selama ini masuk ke Kabupaten Bogor, dan besok Jum’at 16 April 2021 itu akan di paripurnakan kajian Bogor Timur yang sudah selesai di Provinsi Jawa Barat,” ungkap Ichsan.

Politisi PKS tersebut menyatakan nanti keputusannya tinggal di pemerintah pusat untuk pencabutan moratorium hingga menjadi kabupaten yang mandiri dan merdeka.

Terkait Jonggol sebagai penunjukan ibukota Bogor Timur, M Ichsan enggan memberikan kritikan terhadap pemilihan lokasi tersebut karena dinilai lokasi tersebut telah memalui proses kajian ilmiah yang cukup dalam.

“Itukan kajiannya sudah mendalam, saya tidak ingin berusaha untuk memberikan masukan sehingga Jonggol dalam hal ini layak dipandan sebagai ibukota wilayah Bogor Timur,” tutup Ichsan.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *