by

Dewan Jabar M Ichsan Akui Bandara Kertajati Ketinggalan Dari Yogyakarta International Airport

Yogyakarta, Bogoronline.com – Komisi IV DPRD Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke bandara internasional Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (09/06/2021).

Dalam lawatan tersebut, anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoluddin menjelaskan beberapa keunggulan bandara Kulon Progo dibandingkan Kertajati.

“Yogyakarta International Airport ini dikunjungi Presiden itu tahun 2019, dan mulai aktifnya tahun 2020. Bandara ini juga memperoleh penghargaan dari MURI, karena pembangunannya cepat sekali,” ujar Ichsan.

Lanjut, Ichsan memaparkan bahwa bandara ini di desain sebagai early warning airport dimana ketika terjadi tsunami maka warga setempat bisa mengevakuasi dirinya kebandara yang memiliki tinggi mencapai gedung 3 lantai guna menghindari perkiraan tsunami hingga dibawah 15 meter.

“Kemudian, bangunan bandara internasional ini memiliki keunikan yaitu setiap lantainya diberikan space bagi para seniman Yogyakarta sehingga nuansa ornamen kedaerahannya sangat terasa,” tukas Ichsan.

Sebagai penguatan ekonomi, Yogyakarta International Airport ini juga memberikan space bagi para UMKM lokal untuk berdagang di area bandara.

“Bandara dengan luas 21,9 hektar dan panjang runaway sejauh 3250 meter, lebar 75 meter ini sekarang sedang dibangun akses kereta api lalu sedang digagas akses tol menuju Solo dan Bawean dan ini patut dicontoh untuk bandara sekaliber Kertajati,” kata Ichsan.

Politisi PKS ini menilai, angka 7 triliun rupiah yang telah diinvestasikan di bandara Kertajati belum terasa manfaatnya hingga saat ini.

“Di Jawa Barat itu harus selalu berhadapan dengan pembebasan lahan, sedangkan di Yogyakarta ini sebagian tanah dan lahan adalah milik kesultanan sehingga cepat pembangunannya dan masyarakatnya lebih sadar bahwa tanahnya milik kesultanan,” ungkap Ichsan.

Dirinya pun menjelaskan masalah akses bandara Kertajati Jawa Barat melalui tol Cisumdawu ini perlu ditopang oleh APBN dan APBD.

“Karena perlu juga banyak jalan nasional untuk sampai ke Kertajati, kita Komisi IV DPRD Jabar terus mendorong dan semangat agar Jawa Barat memiliki marwah bandara seperti Yogyakarta,” tutup Ichsan.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *