Pilkada 2024, Pj Sekda Kabupaten Bogor Harapkan KPU bisa Capai Target Partisipasi Segini

BOGORONLINE.COM – Dalam momentum peluncuran Maskot dan Jingle KPU Kabupaten Bogor di persiapan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bogor Tahun 2024, yang berlangsung di pelataran Stadion Pakansari Cibinong, pada Minggu (09/6/2024) itu.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto berpesan, jika dirinya yang menghadiri dalam giat komisi pemilihan umum, sebagai pihak yang mewakili dari Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu yang berhalangan hadir dalam giat tersebut.

Menurutnya, dengan peluncuran Maskot dan Jingle oleh KPU Kabupaten Bogor sebagai rangkaian dari pilkada 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor siap mendukung penuh perhelatan pesta demokrasi lima tahun itu.

“Pemkab Bogor siap mendukung, tentunya dengan kewenangan san kewajiban kami di pemerintah daerah,” kata Suryanto Putra kepada wartawan, dilokasi acara.

Dia berharap, dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Bogor tahun 2024 dapat berjalan sukses dan lancar sesuai yang diharapkan.

Menurut dia, sukses dan lancar yang ia maksud yakni bahwa dalam perhelatan pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali ini, jumlah partisipasi atau pemilihnya bisa lebih meningkat dari pilkada sebelumnya pada tahun 2018 silam.

“Apalagi banyak dari anggota PPS dan PPK yang bekas dari pelaksanaan Pemilu 2024 kemarin terbilang sangat sukses dengan meningkatkan partisipasi pemilih sebesar 1,3 persen, dan mereka-mereka itu kembali lagi direkrut untuk mensukseskan kembali di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor tahun 2024,” bebernya.

“Tentunya juga, mereka (PPS-PPK) sudah banyak tahu tentang proses pilkada di 27 November 2024 nanti. Dan juga diharapkan, mereka-mereka yang sudah berpengalaman bisa menularkan kepada anggota PPS maupun PPK yang baru dilantik beberapa waktu lalu, dalam mekanisme Pemilukada Bogor mendatang,” tambah Suryanto Putra.

Lanjut ia memaparkan, Pemkab Bogor sangat berharap besar kepada KPU dalam pencapaian pelaksanaannya melampaui jauh dari apa yang ditargetkan.

“Capaian DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang hadir dalam pilpres dan pileg pada Februari 2024 lalu diangka 83 persen, ya harapan kita lebih dari itu. Syukur-syukur bisa 90 persen partisipan kehadiran DPT ke tempat pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatang,” jelasnya.

Lebih jauh dirinya mengungkapkan, jika sukses atau tidaknya pelaksanaan pilkada itu, tak terlepas dari peran masyarakatnya.

“Jadi kalau kita mau menyiapkan apapun, tapi partisipasi masyarakat sangat rendah maka nggak ada gunanya juga pendapat saya. Maka saya sangat berharap juga, kepada PPS dan PPK di masing-masing wilayahnya bisa terus gencar mensosialisasikan persiapan pilkada ini. Apalagi kan untuk waktunya masih cukup oanjang, dan mumpung belum ada penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor,” tegasnya mengakhiri.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, melaksanakan peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor tahun 2024, bertempat di pelataran Stadion Pakansari Cibinong, Minggu (09/6/2024).

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *