Sendi Fardiansyah Ajak Warga Bogor Hijrah dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Hati

BOGORONLINE.com – Bakal Calon walikota Bogor, Sendi Fardiansyah, mengajak seluruh warga untuk selalu menjaga kebersihan hati dan lingkungan. Menurutnya, melalui hati dan lingkungan yang bersih, tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga menumbuhkan semangat kerja.

Hal itu disampaikan saat memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1446 H, di Kampung Kartamaya, Margasari, Kota Bogor, Ahad (7/7/2024). Usai memberikan sambutan, Sendi langsung bergabung dengan ratusan warga untuk melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan.

Salah satu lokasi yang menjadi fokus kegiatan tersebut adalah area Mushola Tegal Harendong. Mereka tampak bersemangat membersihkan lokasi tersebut dengan berbagai peralatan seperti cangkul, parang, pengangkut sampah, ember, dan lain-lain.

“Kegiatan kebersamaan seperti ini harus selalu kita rawat. Saya senang sekali melihat warga sukarela membersihkan lingkungan dari segala jenis kotoran seperti sampah. Begitu juga saat membersihkan mushola dengan sapu dan kain pel,” katanya.

Menurut Sendi, 1 Muharam sebaiknya bermakna luas. Bukan sekedar diperingati, tetapi dimaknai sebagai momen yang mengingatkan kita untuk hijrah. Tepatnya, hijrah dari segala sikap buruk menjadi baik, dan hijrah dari kotor ke bersih.

Salah satu bentuk dan wujud dari makna hijrah itu adalah dengan melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Jangan biarkan lingkungan menjadi kumuh dan kotor, karena efek dari itu adalah pada kesehatan kita juga.

Termasuk, lanjut Sendi, efek dari hati yang kotor. Karena itu, 1 Muharam juga harus bermakna terbangunnya kebersihan hati. Semakin bersih hati, semakin sehat raga dan jiwa. Begitu juga sebaliknya, semakin kotor hati, semakin tidak sehat raga dan jiwa kita.

Sendi menjelaskan, kegiatan yang dilakukannya bersama warga tersebut selain dalam rangka peringatan Tahun Baru Islam, juga dalam rangka menyongsong visi dan misi program yang sedang dirancangnya, yaitu menuju Bogor Hepi.

Hepi, kata Sendi, berarti bahagia. Ke depan, dirinya punya tanggung jawab untuk membuat warga Bogor bahagia. Salah satunya, dengan membangun Kota Bogor lewat lingkungan yang bersih, transportasi yang baik, dan warga yang sehat melalui berbagai kebijakan pemerintah kota.

“Itulah salah satu alasan yang membuat saya memutuskan untuk maju sebagai calon walikota Bogor. Melalui berbagai kegiatan turun menyapa rakyat, saya semakin tahu apa yang seharusnya dilakukan saat dipercaya rakyat menjadi walikota Bogor,” tegasnya.

Usai melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, Sendi pun diundang warga untuk makan bersama. Namun, kali ini, Sendi diajak warga melahap makanan yang sudah disajikan di atas daun pisang dengan nasi liwet khas Bogor.

“Jujur, saya justru senang diajak warga makan seperti ini. Saya rindu, sudah lama tak makan bersama di atas daun pisang. Dari hati paling dalam, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga atas keikhlasannya mengundang saya ke sini dan makan bersama,” Sendi menutup. ***

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *