Waspada Ancaman Banjir Dan Longsor Saat Mudik

bogorOnline.com
Dikutip dari salah satu media online nasional, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta para pemudik untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana. Apalagi diperkirakan H-1 sebelum Idul Fitri curah hujan tinggi. Ancaman bencana seperti banjir dan longsor menjadi ancaman serius. Bahkan, longsor menurut catatan BNPB menjadi bencana paling mematikan sejak tahun 2014.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, saat ini curah hujan dalam skala menengah hingga tinggi terjadi di Sumatera, Aceh, pantai barat Sumatera dan Jawa bagian Selatan.

Sutopo menambahkan, jika dilihat dari prediksi harian H-1 sebelum Lebaran curah hujan tinggi di Mentawai, Sumatera bagian Selatan, di Jawa merata, Maluku, Laut Banda dan Papua. “Hal ini perlu diwaspadai karena pemudik terkonsentrasi di Jawa. Itu prediksi makro namun hujan bersifat lokal pun akan terjadi,” katanya dalam konferensi pers terkait Antisipasi Mudik Lebaran dari Ancaman Banjir, Longsor dan Cuaca Ekstrem di Graha BNPB, Jakarta (30/6).

Sutopo mengingatkan, di wilayah Jawa terdapat 12 titik rawan banjir yakni di pantai utara dan longsor. Untuk di wilayah tengah ancaman longsor terdapat wilayah Nagrek dan Ambarawa. Selain itu trans Jawa bagian selatan juga rawan longsor.

“Longsor bencana paling mematikan. Ancaman tidak hanya bagi pemudik, tetapi juga ketika mereka tiba di kampung halaman yang lokasinya berada di zona merah atau ancaman tinggi longsor,” ucapnya.

Ia menjelaskan daerah rawan longsor tersebut berada di Jawa Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian tengah selatan, Jawa Tengah bagian barat dan tengah dan Jawa Timur bagian selatan.

Terkait lokasi per kabupaten di Jawa Barat daerah rawan longsor terdapat di Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Singaparna, Ciamis, Sumedang, Majalengka dan Bandung. Sedangkan wilayah Jawa Tengah ada di wilayah Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Purworejo, Purwokerto dan Karanganyar.

Untuk wilayah Jawa Timur potensi longsor berada di Trenggalek, Ponorogo, Pacitan dan Malang. Sementara itu untuk Sumatera di sepanjang Bukit Barisan dari Aceh hingga Lampung. Di wilayah Bali waspadai di wilayah Bangli. Di wilayah Sulawesi waspadai potensi longsor di Luwu utara, Enrekang, Mamuju dan Luwu timur. “Tipikal bencana di Sulawesi tersebut banjir bandang. Hal ini dipengaruhi oleh topograginya,” ucapnya.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.