Rawan Jelang Pilkades 2018

BogorOnline.com, RUMPIN- Maret 2018 mendatang, ratusan desa di 40 kecamatan bakal menggelar pemilihan kepala daerah serentak. Sejumlah pihak berharap, hajatan politik enam tahunan ini berlangsung damai dan demokratis meski warga berbeda pilihan atau dukungan.

“Pokoknya, Pilkades serentak tak boleh ada keributan, karena hajatan politik ini bukan ajang menggelar keributan, tapi untuk mencari pemimpin berkualitas dan berintegritas di tingkat desa,” kata Camat Rumpin, Zulkifli.

Sosialisasi menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya Kepala Kepolisian Sektor Rumpin, Komisaris Polisi Parmin dan unsur TNI dari Koramil Rumpin. “Di Cipinang, jumlah warga yang telah memiliki hak pilih mencapai belasan ribu orang, sekarang sama panitia sedang diverifikasi sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT),” ujarnya.

Kepala Desa Cipinang Sukatma, yang akan mengakhiri masa bhaktinya berharap, para kandidat bermain cantik dan bisa mengendalikan pendukungnya. “Keributan di ajang Pilkades, biasanya dipicu gesekan antar pendukung. Nah di sinilah kandidat atau calon menunjukan jiwa kepimpinannya, untuk mengendalikan massa pendukung,” pintanya.

Sukatma berjanji, membantu aparat panitia dan terus berkordinasi dengan aparat keamanan baik dari TNI/Polri. “Pesta demokrasi ini harus meriah dan tak membuat warga takut, karena Pilkades merupakan sebuah festival ide atau gagasan para calon,” tutupnya. (Zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.