The Green Peduli Lingkungan, Pungut Sampah

Kota Bogor – bogorOnline.com

Puluhan anak muda peduli lingkungan yang tergabung dalam komunitas The Green, kembali menggelar aksi nyata sebagai upaya penghijauan dengan melakukan bebersih lingkungan dan penanaman pohon. Kegiatan kali ini digelar di sepanjang Jalan Cipinang Gading dan Jalan Pamoyanan, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Minggu (13/11/16).

Aksi peduli diawali dengan memungut sampah yang berada dilingkungan. Berbekal plastik hitam, para anak muda ini terlihat begitu semangat memunguti sampah-sampah yang berserakan, tak hanya dijalanan tapi juga saluran drainase yang ada di kiri dan kana jalan, kemudian dilanjutkan dengan turun ke bantaran kali Cisadane Kampung Bojong, RT 001/RW 008. Beberapa jenis pohon keras pun ditanam oleh komunitas yang sudah satu tahun terakhir ini berdiri.

Ketua panitia aksi Bebersih dan Tanam Pohon, Hendrik (35) mengatakan, dalam waktu dekat, The Green akan kembali melakukan penanaman pohon di beberapa titik Kota Bogor.

“Ini sebagai bentuk kepedulian The Green terhadap lingkungan yang kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah,” singkatnya dilokasi.

Sementara, pembimbing The Green, Renaldi sopanysah (38) menuturkan, kegiatan penghijauan di Kecamatan Bogor Selatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian komunitasnya dalam menjaga keseimbangan ekosistem, bukan hanya penanaman tapi kitapun turut men sosialisasika bahaya dari bencana alam kepada warga sekitar.

“Saya akan terus menjalin komunikasi dengan pemerintah, dari mulai tingkat RT RW dan Keluarahan, selain warga sekitar siapa lagi yang bisa menjaga lingkungan, pasalnya, ketika Bogor Hijau Bumipun akan tersenyum, seperti Semboyan The Green. Hijau Alamku, Senyum Bumiku,” tuturnya.

Aksi komunitas The Green ini mendapat respon positif dari warga sekitar. Salah satunya Beben (40), warga Kampung Bojong, RT 001/RW 008, Kelurahan Pamoyanan yang mengaku sangat menyambut baik atas aksi penanaman yang di laksanakan oleh Komunitas The Green.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh The Green terhadap lingkungan disini, pohon yang di tanaminya pun bermacam-macam jenisnya,” singkatnya

Terpisah, Priyagung Patah (25) pengagas aksi mengatakan, acara ini adalah baru pertama kali yang di selenggarakan oleh Komunitas The Green. Kamipun berkomitmen akan terus melakukan aksi penanaman di bantaran sungai Cisadane, khususnya yang berada di wilayah Kota Bogor.

“Kami prihatin dengan banyaknya bencana alam di berbagai tempat yang terjadi saat ini, apa yang kita lakukan adalah semata-mata untuk menjaga keseimbangan ekosistim, maka dari itu, kami mengajak seluruh komponen masyarakat agar lebih peduli lagi akan alam dan lingkungan di sekitarnya, kalau bukan kita yang menjaga lingkungan, siapa lagi??, kalau bukan sekarang melakulan pencegahan, kapan lagi??,” pungkasnya.(bunai)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.