Rantai Motor Kaku Musim Hujan, Ini Solusinya

bogorOnline.com-

Musim hujan yang sering terjadi beberapa hari ini, harus menjadi perhatian bagi pemilik sepeda motor non matik, khususnya motor yang menggunakan rantai. Beberapa kasus rantai motor sering kaku saat musim hujan seperti ini, apalagi jika rantai tidak sering dilumasi.

Menurut, Dadang “Botak” Koswara, pemilik bengkel Metro Accesories, rantai yang kaku dikarenakan terjadinya pengkaratan dari beberapa mata rantai. Kotoran yang menempel dan terkena air di waktu musim hujan menjadi salah satu terjadinya pengkarata di beberapa mata rantai motor.

“Rantai kaku biasanya terjadi karena pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan dengan cara melumasi rantai, debit debu kotoran yang menempel menyebabkan karat saat terkena air hujan yang mengandung zat asam.” ungkap Botak.

Risikonya, menurut Botak, rantai yang kaku tidak memiliki elastisitas saat tenaga mesin disalurkan melalui rantai yang berugas memutar roda belakang. Kekakuan dan kondisi korosi karat bisa menyebabkan rantai putus.

Sedangkan solusi untuk membuat rantai tidak kaku, pemilik sepeda motor cukup memberikan pelumasan dengan cairan khusus rantai. Jika harus menggunakan oli, jangan gunakan pelumas bekas.

“Untuk memperbaiki rantai kaku, berikan cairan rantai khusus, atau oli baru agar kotoran ataupun karat bisa terkikis. Setelah itu, jangan lupa atur kembali ketegangan rantai untuk memastikan keamanannya.” pungkasnya.(rul)

Sumber: okezone.com

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.