Akibat Hujan deras, Belasan Titik Kota Bogor Mengalami Bencana

Kota Bogor – bogorOnline.com

Hujan deras yang melanda Bogor Subuh tadi telah mengakibatkan kejadian berupa bencana alam di beberapa titik wilayah Kota Bogor.

Kepala Satuan Pelaksana BPBD kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, saat hujan turun sekitar pukul 05.00 WIB, BPBD sudah siaga, dan saat menerima laporan kejadian, petugas langsung meluncur ke tempat kejadian.

“Petugas sudah waspada dan saat menerima laporan kejadian, langsung meluncur ketempat kejadian,” kata Ganjar, Selasa (21/2/17).

Ganjar menambahkan, petugas BPBD bersama Tagana, Relawan, unsur Tni/Polri langsung membantu warga dalam proses evakuasi tempat kejadian, kejadian itu memang biasa terjadi di saat musim hujan terlebih ketika air kali meluap. Penyempitan saluran air sering kali menjadi penyebab meluapnya air.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, saat ini banjir sudah surut dan meninggalkan sisa lumpur dijalan dan rumah warga disekitar lokasi, sedangkan untuk warga yang mengalami Bencana Longsor, Tim BPBD sudah melakukan penanganan pertama berupa pemasangan terpal dilokasi,” pungkasnya.

Berikut data kejadian yang berhasil dihimpun oleh Tim BPBD Kota Bogor.

1. Banjir lintasan terjadi diperbatasan Kelurahan Tanahbaru dan Kelurahan Tegal Gundil, tepatnya di Kp. Babakan RT04/RW16 dan RT03/RW05.

2. Longsor di RT01/RW07 Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Longsoran mengancam rumah kontrakan milik Bpk. Hadnan 1 KK 5 Jiwa.

3. Longsor tebingan di Kampung Cipinang RT05/RW04 Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat. Ketinggian tebingan 15m.

4. Pohon jambu terbawa longsoran dibibir sungai ciliwung RT02/RW01 Kel. Sempur, Kec. Bogor Tengah.

5. Dinding kamar rumah ambruk di Gg. Muha RT 04/RW 03 Kel. Menteng, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor. Dinding ambruk karena tidak kuat menahan beban air dikarenakan posisi tanah lebih tinggi dari pada dinding kontrakan. Pemilik kontrakan Bpk. Dedi. Dan yang menghuni kontrakan tersebut Bpk. Haerudin (38) 1 KK 4 Jiwa. Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian tersebut.

6. Banjir diwilayah RT05/RW04 Kel. Bubulak, Kec. Bogor Barat. Menggenangi 8 KK 23 Jiwa, Ketinggian air kurang lebih 30cm.

7. Rumah ambruk bagian kamar kejadian pada pukul 17:00 WIB. Berlokasi di Kp. Gudang RT04/RW01 Kel. Gudang, Kec. Bogor Tengah. Luas bangunan kamar 3×2m. Pemilik rumah a/n Ibu Atmah 1 KK 3 Jiwa.

8. Rumah ambruk tertimpa pohon di Kp. Rambay RT03/RW05 Kel. Ciluar, Kec. Bogor Utara.

9. Longsoran tanah merusak akses jalan warga di Kp. Cemplang Baru RT03/RW12 Kel. Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat. Kejadian pada pukul 01.00 WIB dini hari.

10. Kejadian Tanah Longsor di RT01/RW09 Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara.

11. Longsor dibelakang rumah Bpk. Suharto RT01/RW09 Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat.

12. Bangunan Talud/ TPT berukuran kl 4m x 15 m Roboh, berlokasi di bantaran sungai Susukan Tengah kp. Tajur  03/ 06 kelurahan Pakuan kecamatan Bogor Selatan.

13. Longsor tebingan di RT01/RW14 Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat. Mengancam 5 rumah diatasnya.

 

14. Longsoran tanah menimpa kamar tidur dan dapur diwilayah Kp. Semplak Pangkalan Batu RT04/RW02 Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat. Kejadian pada pukul 02:00 WIB. Longsoran menimpa rumah milik Bpk. Samsudin 1 KK 8 Jiwa. Diakibatkan hujan deras dan dan saluran air.
15. Longsor tembok pembatas tanah kosong diwilayah Kp. Curug Induk RT05/RW13 Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat. Pada pukul 05:00 WIB. Longsor mengancam rumah dibawahnya a/n Bpk. Rasyid 1 KK 4 Jiwa.
16. Pondasi pembatas tanah kosong longsor di RT02/RW05 Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat. Mengancam rumah milik Bpk. Ade Rusmana 1 KK 4 Jiwa. (RzB).

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.