Tips Memperbaiki Kompresor Ac Yang Mudah Dilakukan

Tips Memperbaiki Kompresor Ac Yang Mudah Dilakukan

Kompresor tidak hanya ada di dunia bengkel, pabrik, maupun dunia konstruksi saja. Di dunia rumah tangga juga terdapat kompresor, misalnya saja kompresor untuk menghisap debu dan juga kompresor yang ada pada ac. Berbicara mengenai ac, apakah Anda memilikinya? Jika iya pernahkah Anda merasa ada yang tidak beres dengan ac yang Anda miliki? Mungkin saja ac Anda perlu di service. Ac memang sudah banyak sekali digunakan oleh banyak orang, terutama di perkotaan yang memiliki cuaca panas. Di gedung-gedung kantor juga banyak yang menggunakan ac ini sebagai pendingin ruangan. Tidak hanya dari kalangan atas, ac juga digunakan oleh kalangan menengah. Jadi ac ini sudah tidak lagi menjadi barang yang mewah.

Harga kompresor mini dan juga kompresor ac tentu saja mengalami perbedaan. Perbedaan harga ini tentu saja tergantung dengan merek dan juga spesifikasinya. Semakin terkenal mereknya dan semakin berkualitas spesifikasinya, maka akan semakin mahal juga harganya.

Terkadang ac yang Anda miliki mengalami kemacetan akibat dari kerja kompresor yang kurang maksimal atau bisa disebabkan oleh hal lain. Meskipun Anda bukan tukang service ac, namun setidaknya Anda juga harus memahami kerusakan yang terjadi pada kompresor ac Anda. Dengan mengetahui tips memperbaiki kompresor ac berikut ini, bisa jadi Anda tidak perlu mengundang tukang service ac untuk memperbaiki ac Anda dan tentu saja akan menghemat anggaran. Ini dia informasi lengkap yang akan disajikan untuk Anda.

Mungkin saja fin kondensor atau out doornya kotor

Penyebab utama dari kerusakan ac biasanya pressure freon meningkat  dan ini juga akan mengakibatkan meningkatnya ampere dari kompresor. Jika ampere kompresor ini melebihi standar, maka kompresor ac akan mengalami kelebihan temperature atau akan mengalami kerusakan. Jika memang penyebab dari kompresor ac Anda tidak berfungsi secara optimal akibat dari fin kondensor ini kotor, maka Anda bisa segera membersihkan in door dan juga out doornya secara rutin. Dengan begitu kompresor ac Anda dapat berjalan secara optimal.

Cobalah untuk periksa kompresor ac termal 1

Jika Freon yang terdapat pada termal 1 habis, maka kerja dari kompresor ac ini menjadi semakin berat, padalah permintaan energinya masih terus berlangsung dan bisa saja kejadian seperti ini akan mengakibatkan kebocoran. Untuk menambah freon, alangkah baiknya Anda terlebih dahulu mengecek sambungan pipa pada neple, tujuannya untuk mendeteksi terjadinya kebocoran yang biasanya ditandai dengan adanya bekas oli yang tercecer pada sambungan pipa. Penyebab kebocoran ini bisa saja ditandai dengan sambungan pipa yang kurang kencang ataupun melipatnya pleringan.

Periksa juga kompresor termal 2

Keluhan yang sering terjadi di termal 2 ini adalah voltage drop, sehingga mengakibatkan ampre meningkat. Solusi yang paling tepat adalah dengan memasang stabilizer tegangan. Daya yang tidak stabil akan mengakibatkan kerusakan pada elektronik yang lainnya.

Kerusakan kompresor

Kerusakan kompresor ac bisa terjadi karena pemasangan kondensor yang posisinya lebih tinggi daripada evaporator. Hal tersebut dapat menyebabkan oli cepat turun dan akan susah untuk kembali ke kondensor. Kompresor yang rusak akan mengakibatkan ac macet dan aus, serta lebih parah lagi akan terbakar.

Kompresor tidak berfungsi

Tidak berfungsinya kompresor bisa disebabkan karena penumpukan kerak oli pada kelep. Untuk itu segera lepas kompresor dan bersihkan kompresor serta buang oli yang ada di dalamnya.

Itulah tips memperbaiki kompresor ac yang bisa dibagikan untuk Anda. Semoga dapat mengatasi  kerusakan pada ac Anda. Jika memang tidak dapat diperbaiki lagi, belilah yang baru dengan mempertimbangkan harga kompresor mini dengan kompresor ac.

Baca juga artikel bermanfaat lainnya:

  1. Pilih Kado Valentinmu Tergokil di Tahun 2017 Ini
  2. Jual Harga Closet Duduk & Jongkok Murah Berkualitas
  3. Ini dia Cara Mengatasi WC Jongkok Yang Mampet

 

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.