RSIA Sentosa, Komitmen Sukseskan KB

KEMANG – Komitmen untuk membantu mensukseskan program nasional keluarga berencana (KB), terus konsisten dilakukan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sentosa, dengan rutin setiap dua minggu sekali, melakukan bakti sosial operasi sterilisasi kandungan bagi ratusan akseptor KB. Giat yang juga dilakukan sebagai bagian tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ini, dilaksanakan secara gratis. “Para akseptor ini warga Kota dan Kabupaten Bogor. Baksos semacam ini, sudah kami lakukan sejak tahun 2013, bekerjasama dengan BKKBN Kota dan Kabupaten Bogor serta BKKBN Provinsi Jawa Barat,” ujar dr. Frits Max Rumintjap, SpOG (K) MARS, kepada wartawan, Sabtu (11/3/2017).

Untuk itu, tampak ratusan orang ibu akseptor KB dari wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, menunggu antrean guna melakukan operasi sterilisasi kandungan. Giat bakti sosial digelar di RSIA Sentosa yang berlokasi di jalan raya Kemang Nomor 18, Desa Pondok Udik Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Menurut dr.Frits, dokter ahli kandungan yang juga pemilik RSIA Sentosa, meski gratis, namun operasi sterilisasi bagi para akseptor KB ini, dilakukan secara profesional oleh tenaga dokter ahli, dengan menggunakan alat medis kedokteran modern. “Dengan Metode Operasi Wanita (MOW) ini, para akseptor KB bisa dioperasi dengan sangat praktis dan efektif. Waktu pemulihan pasca operasipun menjadi sangat singkat,“ tutur dr. Frits saat menjelas di ruang operasi sterilisasi KB.

Mantan Direktur RS. AURI Atang Senjaya (RS Hassan Toto-red) ini menambahkan, RSIA Sentosa sudah seringkali dan rutin mengadakan kegiatan tersebut dan dipercaya Pemkot dan Pemkab Bogor dalam melakukan pelayanan KB sterilisasi. “Dari kepercayaan itu RSIA Sentosa, mampu membuktikannya dengan meraih prestasi Juara 1 Tingkat Nasional PERSI Award IHMA 2015 dalam kategori Family Planning Project,“ terangnya. Selain itu, sambung dr. Fritz, RSIA Sentosa juga pernah meraih Juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Barat dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2015. “Semua prestasi tersebut, sesuai dengan prinsip RSIA Sentosa yaitu memberikan kecepatan dan ketepatan pertolongan pada pasien, sehingga akan mampu menurunkan angka kematian dan kecacatan tubuh.” kata dokter TNI berpangkat Kolonel ini.

Sementara dr. Alodia Aurora, Direktur Utama RSIA Sentosa menambahkan, salah satu pendukung suksesnya RSIA Sentosa dalam melakukan pelayanan KB sterilisasi, adalah penggunaan alat modern/canggih dalam pelaksanaan operasi. “Layanan MOW disini menggunakan alat modern bernama Laparoskopi. Alat ini sangat praktis dan efektif karena menggunakan teknologi kamera.“ ujanya. Dalam gelaran baksos ini, sambung dr. Alodia, pihak RSIA Sentosa melibatkan berbagai dokter spesialis dan puluhan perawat guna lancarnya pelaksanaan pelayanan operasi akseptor KB. Proses operasi sterilisasi kandungan dengan MOW ini, berlangsung sangat cepat dan profesional. Ratusan ibu-ibu terlihat mengantri menunggu giliran operasi, dan selang beberapa menit keluar dari ruang operasi dalam kondisi tetap sehat dan bugar. “Sebelum operasi, para pasien kita cek kondisi kesehatannya. Misalnya tekanan darah, kondisi kandungan, kadar gula dan lainnya. Pasca operasi juga kembali kami cek diruang pemulihan.“ tutur dr. Alodia Aurora menjelaskan, pungkasnya, (mul).

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.