Bebersih di Lebak Pilar, Bima Ingatkan Warga Untuk Tidak Membuang Sampah ke Sungai

bogorOnline.com

Paska terjadinya banjir lintasan pada hari senin (5/2) kemarin, Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto berserta jajaran, dibantu pihak Kepolisian dan komunitas GMPLS, melakukan bebersih bantaran Sungai Ciliwung di kampung Lebak Pilar, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Selasa (6/2/18).

Bebersih sampah ini bertujuan untuk membersihkan sisa sampah yang terbawa dari air sungai Ciiwiung yang meluap kemarin.

“Banjir ini dikarenakan adanya penumpukan sampah dan limbah. Oleh karena itu, masyararakat jangan lagi membuang sampah ke sungai, tetapi pada tempatnya dan kurangi juga pemakaian sterofoam seperti sampah-sampah disini, penuh dengan sterofoam,” ungkap Bima kepada wartawan.

Bima mengaku telah mengintruksikan kepada seluruh jajaran aparatur wilayah untuk rutin melaksanakan giat Jumat Bersih (Jumsih) disetiap wilayahnya masing-masing.

“Saya telah perintahkan kepada seluruh aparatur wilayah untuk turun langsung di wilayahnya masing-masing, untuk membersihkan tempat-tempat yang merupakan bekas kemarin banjir serta tempat-tempat yang berpotensi ada penumpukan, sehingga mengakibatkan terganggunya aliran air,” tegasnya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan menambahkan, melalui kegiatan ini BPBD mencoba untuk menggugah, terutama kesadaran masyarakat, karena pasca bencana banjir itu, biasanya yang menjadi Pekerjaan Rumah (PR) besarnya yakni bersih-bersih, seperti pembersihan hunian, fasilitas umum, jalan lingkungan dan sebagainya.

“kegiatan ini juga bertujuan untuk menunjukan bahwa tanggung jawab pasca kejadian kemarin terkait banjir lintasan itu, semua memiliki tanggung jawab yang sama, kepedulian yang sama. Kami berharap masyarakat sekitar juga bisa tergugah untuk bersama-sama saling membantu satu dan lainnya,” pungkasnya. (Rky/nai)

Comments