ALHAMDULILAH.. RUMAH JANDA TUA YANG RUSAK PARAH AKAN DIPERBAIKI PEMERINTAH BERSAMA PERUSAHAAN SWASTA

 

RUMPIN – Peninjauan dan pengecekan lokasi rumah milik Ibu Rohiyah di Kp. Maloko RT 03 RW 04 Desa Sukasari Kecamatan Rumpin, dipimpin langsung oleh Mulyadi Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasi Ekbang) Kecamatan Rumpin bersama Kepala Urusan Pembangunan (Kaur Bang) Desa Sukasari, Bendahara Desa, Ketua RT dan Ketua RT serta perwakilan dari pihak Manajemen PT. Holcim.

Dari hasil kunjungan tersebut, didapatkan keterangan bahwa semua pihak sepakat bahwa perbaikan rumah janda tua Rohiyah, akan menggunakan dan corporate social responcibility (CSR) dari perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertambangan tersebut.

“Pihak perusahaan sudah bersedia membantu bahan material bangunan.
Bahkan sebagian bahan material telah dikirim ke lokasi yaitu 70 batang kayu balok. Selain itu, satu dump truk pasir abu dan 25 zak semen sudah siap dikirim. Bambu juga sudah siap, termasuk tenaga kerjanya. Rencananya minggu ini sudah akan dikerjakan.” Ungkap seorang narasumber yang meminta namanya tidak disebutkan.

Dikonfirmasi adanya kunjungan dan rencana bantuan perbaikan rumah Rohiyah tersebut, Suryanto Kepala Desa (Kades) Sukasari memberikan keterangan yang sama. “Ya benar kang. Insya Alloh Minggu ini sudah akan dikerjakan.” Jawabnya singkat.

Sementara itu saat para Jurnalistik mencoba mengklarifikasi informasi ini, pasca dikunjungi aparatur pemerintah dan perwakilan perusahaan, entah apa penyebabnya, Ibu Rohiyah terkesan menghindari wawancara. Begitupun para tetangga dan pengurus lingkungan yang sebelumnya sangat mudah ditemui dan dimintai keterangan oleh wartawan.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Rohiyah, seorang janda tua yang tinggal bersama dua anak dan dua cucu serta menantu harus rela tinggal di gubuk reyot dan selalu was – was dibayangi ancaman bahaya rumah roboh. Ketika hujan deras dan angin kencang menerjang, Rohiyah dan anak – anaknya merasa ketakutan.

Pasalnya, rumah yang ditempati sudah bocor disana-sini dan nyaris ambruk. Itulah sekelumit keluh kesah yang disampaikan Rohiyah (50) warga kampung Maloko RT 03 RW 07 Desa Sukasari, Kecamatan Rumpin. Janda tua yang tinggal di sebuah rumah berukuran 8 X 6 meter, dengan pagar bilik bambu dan sebagian ditutup terpal plastik guna menahan hembusan angin dan masuknya air hujan ke dalem rumah.

Rohiyah mengaku, saat ada hujan dan angin kencang, dia dan anak-anaknya langsung mengungsi ke rumah tetangga. “Saya takut bangunan rumah ini roboh. Apalagi tiang rumah sudah pada rusak, makanya dipasangin tiga batang bambu untuk penahan bangunan rumah. Mungkin kalau tidak diberi penyangga batang bambu, rumah ini sudah roboh.” ungkap Rohiah (50) dengan nada lirih saat di temui awak media, belum lama ini. (MUL)