PDAM Tirta Pakuan, Operasikan Pompa Air Baku Intake Cipaku

bogorOnline.com

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mulai mengoperasikan pompa air baku Intake Cipaku, Rabu siang (5/9). Direktur Teknik (Dirtek) Syaban Maulana bersama jajaran pejabat struktural meninjau langsung pengoperasian pompa berkapasitas 300 liter perdetik (l/det) itu.

“Dari tiga unit pompa yang sudah terpasang, baru dua bisa dioperasikan. PDAM masih perlu melakukan penambahan daya listrik dan instalasi kabel induk yang menghubungkan listrik dari gardu PLN ke PDAM, prosesnya masih terus berlangsung,” ungkap Syaban, Sabtu (8/9/18).

Syaban melanjutkan, dengan beroperasinya dua unit pompa tersebut, kapasitas produksi air baku ke IPA Cipaku sudah bertambah 200 l/det dari rencana awal 300 l/det jika pompa ketiga sudah beroperasi.

“Sejak awal pemasangan pompa Kamis pekan lalu (30/8) banyak jaringan pipa distribusi utama di zone III yang tidak terisi penuh. Rabu malam, reservoir Cipaku dengan kapasitas 9000 meter kubik sudah mulai terisi kembali. Prosesnya memakan waktu 1-2 hari agar air benar-benar lancar mengalirkan air ke pelanggan,” paparnya.

Saat ini, masih kata Syaban, PDAM sedang berupaya menjaga kualitas dan kuantitas air baku di IPA Dekeng dan IPA Cipaku tetap pada batas normal (IPA Dekeng 1600 l/det Cipaku 300 l/det), agar kontinuitas pasokan pelanggan, khususnya zona III dan IV tetap prima.

“Kami mohon doa dan dukungan dari pelanggan agar petugas yang bekerja selama 24 jam menjaga pasokan air diberi keselamatan dan kesehatan,” pungkasnya. (Nai)