Dirgahayu TKSK ke 9, EGI GW Minta Pemerintah Tingkatkan Perhatian ke Tenaga Kesejahteraan Sosial

CIBINONG – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa meminta Pemerintah meningkatkan perhatian bagi tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK). Menurut Egi, para tenaga TKSK yang berjumlah hanya satu orang ditiap kecamatan memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat.

“TKSK ini perannya sangat strategis, karena yang memverifikasi warga dinyatakan mampu atau tidak mampu yang biasanya digunakan warga untuk mendapatkan layanan pemerintah itu ada di TKSK,” ujarnya.

Misalnya, lanjut Egi, ada warga yang membutuhkan keterangan tidak mampu untuk mendapatkan pembiayaan dari pemerintah dalam layanan kesehatan, dokumennya harus dibubuhi tandatangan TKSK yang membenarkan warga tersebut tidak mampu. “Dokumen itu harus ditandatangani TKSK baru dokumen tersebut bisa berlanjut untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Tugas lainnya, TKSK juga berperan dalam memonitor turunnya beras rasta yang terkadang turunnya pada malam hari. Artinya para TKSK sering kali bekerja hingga larut malam. “Mereka bekerja tidak mengenal waktu,” imbuhnya.

Dengan jumlah personil yang hanya satu orang di satu Kecamatan, Egi melihat, kerja TKSK cukup berat. Apalagi kata dia, saat ini, fasilitasi dari pemerintah sangat terbatas. Sementara ini, para TKSK hanya menerima insentif dari pemerintah sebesar Rp 250 ribu per bulan. Jumlah ini, sangat jauh dari kewajaran. “Dengan pendapatan yang sangat minim, tentu akan sulit bagi TKSK untuk bekerja secara fokus,” katanya.

Egi berharap, Pemerintah Kabupaten Bogor meningkatkan fasilitas bagi para TKSK, Antara lain dengan menambah honor dengan jumlah yang layak, fasilitas kendaraan untuk mendukung kinerja TKSK menjangkau warga di satu kecamatan dan juga laptop untuk mendukung kinerja administrasi mereka menjadi lebih baik. “Dukungan ini saya kira harus segera kita wujudkan, karena persoalan kesejahteraan sosial persoalan yang sangat mendasar yang menyangkut juga soal pendidikan dan kesehatan,” pungkasnya (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *