Rizayati Diberi Gelar Kehormatan Ratu Kasundaan

 

CIJERUK – bogorOnline.com

Calon anggota legislatif atau Caleg DPR-RI dari partai Nasdem, nomor urut empat, Dapil V Jabar Kabupaten Bogor, Rizayati, sambangi Padepokan Seni Budaya Komunitas Iket Tatar Pakuan (Kitapak) Tereuh Pajajaran. Kedatangan Rizayati disambut tarian papag tamu, selanjutnya dipasangi tali iket kasundaan oleh Sesepuh Kitapak, Asep Tedi alias Ki Goler dan diberi gelar kehormatan ratu kasundaan yang di saksikan tokoh-tokoh kasundaan lainnya se Kabupaten Bogor.

Sesepuh adat Kitapak Tereuh Pajajaran, Ki Goler, berharap kedatangan Rizayati menjadi jembatan koordinasi dan asal titik temu pemangku adat dengan pemangku kebijakan, agar budaya khusus kasundaan jauh lebih baik dan terawat keberadaannya.

“Kami bersyukur dan sangat hormat sekali akan kedatangan beliau, semoga silaturahmi ini menjadi wasilah atau jembatan penghubung antara pemangku adat dengan pemerintah untuk menjaga dan melestarikan seni budaya, khususnya budaya kasundaan,” katanya, saat setelah mengikatkan iket kepala kasundaan kepada Rizayati, tanda diterimanya seorang tamu kehormatan di Padepokan Kitapak Tereuh Pajajaran, Desa Sukajaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Sabtu (24/11/18).

Selanjutnya, Rizayati pun mendapat arahan dan nasihat perihal kebudayaan Sunda dari sesepuh Haris Munandar alias ki Haris Oray. Dia menuturkan bahwa, Kesenian budaya itu memiliki pungsi dan prioritas untuk membangun dan menciptakan insan yang beradab, berakhlak dan mampu bertahan dalam tradisi adat istiadat di tengah gempuran budaya-budaya luar yang hari ini sangat merajarela dan terindikasi merusak moral generasi kita.

“Semoga Ibu Rizayati terpilih dan mampu mewakili kami di Parlemen, untuk merawat dan tetap menjaga tradisi leluhur kami di Kebudayaan dan seninya,” ucap Ki Haris Oray, yang di amini semua sepuh kebudayaan yang hadir.

Rizayati sendiri merasa bangga dan tersanjung dengan penerimaan oleh para sesepuh pemangku adat terhadap dirinya. Bahkan dia sangat merasa terhormat, saat dirinya dinobatkan sebagai ratu kehormatan adat kebudayaan kasundaan.

“Semoga ini menjadi awal yang baik, awal yang bagus untuk kita semua dalam menjaga dan merawat tradisi kebudayaan. Jujur saya terharu, saat saya disebut menyerupai Cut Nyak Dien, pahlawan Aceh yang di makamkan di tanah kasundaan,” ungkapnya. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *