PENGIRIMAN MISI KESENIAN & KEBUDAYAAN KABUPATEN BOGOR “PENAMPILAN KESENIAN TRADISIONAL KABUPATEN BOGOR DI BATAM”

Batam – Dalam rangka mempromosikan keseniana, kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Bogor, maka Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan “Pengiriman Misi Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Bogor”, yaitu dengan menampilkan kesenian tradisional Kabupaten Bogor di Batam. Kegiatan tersebut dalam rangkaian Bogor Tourism Mart & Expo yang diadakan pada tanggal 26 – 28 April 2019 di Nagoya Hill, Batam. Kegiatan pengiriman misi kesenian dan kebudayaan ini dimeriahkan dengan suguhan seni dan budaya Bogor sebagai misi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dalam usaha menarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Bogor.

Para penari pilihan yang dikirim adalah berasal dari sanggar binaan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, yaitu dari Sanggar Anissa Rumpaka, pimpinan Dr. Iyan Mulyana, S.Kom, M.Kom. Tarian yang ditampilkan oleh 7 (tujuh) penari profesional merupakan tarian kesenian tradisional daerah Kabupaten Bogor. Pementasan tarian dibagi dalam 3 (tiga) sesi, yaitu pada saat sesi pembukaan, sesi pameran dan gala dinner. Adapun tarian-tarian yang ditampilkan adalah Tari Merak, Tari Cikeruhan, Tari Gatot Kaca, Tari Blantek, Tari Topeng Koncaran dan Tari Jaipongan Annisa Rumpaka. Selain itu, tarian cadangan juga telah disiapkan yaitu Tari Jaipongan Keser Bojong dan Tari Jaipongan Tablo Anik Kukupu.

LP

Bapak Drs. Rahmat Surjana,M.Si, selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor menyatakan bahwa pengiriman misi kesenian dan kebudayaan telah disiapkan dengan matang guna mempromosikan Kabupaten Bogor dan juga memeriahkan acara BTME 2019. Para warga Batam khususnya pengunjung Mall Nagoya Hill Batam disuguhkan beberapa kesenian dan kebudayaan tradional Sunda Kabupaten Bogor. Pementasan kesenian dan kebudayaan ini di selenggarakan yaitu dalam 4 (empat) hari, tepatnya pada tanggal 25 – 28 April 2019. Kegiatan ini dikelola oleh MaCDA management. (Ald)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *