Tahun 2045 Indonesia Ditargetkan Jadi Lumbung Pangan Dunia

Lemah Duhur Jadi Desa Mitra Polbangtan Bogor

CARINGIN – bogorOnline.com

Kepala Badan Penyuluhan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Momon Rusmono, melaunching Pembinaan Desa Mitra Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor di Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Sabtu (13/4/19). Melalui launching ini, Desa Lemah Duhur dijadikan sebagai desa mitra Polbangtan Bogor.

Dalam kesempatan tersebut, Momon menegaskan bahwa petani harus sejahtera dan harus bisa mewujudkan kedaulatan pangan.

“2045 ditargetkan Indonesia jadi lumbung pangan dunia. Untuk mewujudkannya, kita harus punya strategi, yakni menyiapkan SDM yaitu pelaku pertanian dan peternak yang profesional, mandiri, dan berdaya saing. Dan pembangunan SDM di Lemah Duhur ini salah cara untuk meningkatkan kapasitas petani,” jelasnya.

Menurut Momon, kebutuhan pertanian ke depan adalah menciptakan sistem pertanian berbasis teknologi.

“Kita harus membangun petani sebagai profesi. Bukan hanya sebagai pekerja. Petani harus paham dari hulu ke hilir, dari produksi sampai pemasaran, bisnis pertanian. Petani harus ikuti perkembangan teknologi informasi dan perkembangan Iptek,” ungkapnya.

Terkait Polbangtan, kata Momon, paradigma lulusan Polbangtan juga harus diubah jadi wirausahawan muda bidang pertanian, jangan jadi job seeker tapi job creator.

“Cara masuk Polbangtan bisa jalur umum atau jalur perwakilan daerah, utamanya anak petani yang berprestasi,” katanya.

Terkait target-target tersebut, Kementan selama ini telah mengalokasikan anggaran santri tani di Kabupaten Bogor sebagai terbanyak di Jabar selain Cirebon dan Tasik.

“Kami ingin ke depan santri tani akan jadi pengusaha di bidang pertanian. Ada 4-5 juta santri se-Indonesia. Perlu diberi life skill.

Sementara itu, Ketua Panitia Launcing Desa Mitra Polbangtan Bogor, Siswoyo, menjelaskan bahwa melalui program pengabdian Polbangtan ini para mahasiswa membina desa 2-3 tahun.

Desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor telah ditetapkan sebagai Desa Mitra Polbangtan Bogor berdasarkan hasil survei yang dilakukan Tim
Program Pengabdian Masyarakat Polbangtan Bogor adalah pemberdayaan Desa Mitra yang dilakukan secara terpadu dengan melibatkan dinas/instansi terkait.

Program ini terdiri dari empat fase, fase pertama dilaksanakan pada tahun 2019, yaitu Benah Kelompok, fase kedua dilaksanakan pada tahun 2020, yaitu Penumbuhan Asosiasi/Gabungan Kelompok Tani, fase ketiga yang dilaksanakan pada tahun 2021, yaitu Penumbuhan Kelembagaan Ekonomi Petani, dan fase keempat Pemantapan Kelembagaan Ekonomi Petani.
Selain Desa Lemah Duhur sebagai Desa Mitra Polbangtan Bogor dalam Program Pengabdian Masyarakat, juga merupakan Laboratorium Lapangan dalam pelaksanaan pembelajaran vokasi

Maksud Pelaksanaan Launching adalah untuk memberikan apresiasi kepada dinas/instansi terkait atas dukungannya terhadap Pemberdayaan Desa Mitra. Sedangkan tujuannya adalah peresmian dimulainya pelaksanaan Pemberdayaan Terpadu.

Peserta berjumlah 663 orang terdiri dari petani binaan, perwakilan penyuluh, perwakilan KTSM (Kelompok Tani Santri Milenial), dinas/instansi pembina, dosen pembina, mahasiswa, Pemerintah Kabupaten Bogor yang diwakili Kadis Pertanian Sutrisno, Camat Caringin, Kepala Desa Lemah Duhur.

Bentuk Pembinaan di antaranya bimbingan teknis, penguatan kapasitas dan pengembangan kelembagaan tani dan temu bisnis fasilitasi bantuan berupa ternak domba, alsintan, bibit rumput odot, mineral block, ikan lele dan gurame
fasilitasi pelayanan laboratorium POM, pengujian sayur segar dan fasilitasi pendukung lainnya dari dinas/instansi terkait.(*)