ASN Kota Bogor Akan Dikirim Belajar ke Inggris

Kota Bogor – bogorOnline.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana mengirimkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya untuk meningkatkan kapasitas di kampus King’s College London, Inggris.

Rencana itu tercetus, seperti dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya seusai adanya pertemuan antara dirinya dengan direktur King’s College London, belum lama ini.

“Saya bertemu mantan Menteri Luar Negeri Australia Alexander Downer yang sekarang menjadi direktur di King’s College, sekolah terkemuka di dunia yang mencetak pemimpin-pemimpin di dunia,” ungkapnya, Rabu 31 Juli 2019.

Dalam pertemuan itu, kata Bima, ada pembicaraan akan mengirimkan ASN-ASN di lingkungan Pemkot Bogor untuk program pascasarjana dan pelatihan di King’s College London.

Dirinya pun memerintahkan instansi Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) untuk melakukan pendataan bagi ASN yang berminat.

“Saya perintahkan kepegawaian untuk melakukan pendataan dan pemetaan siapa-siapa saja ASN yang berpotensi dan memiliki kemauan untuk belajar meningkatkan kapasitas di sana,” ujarnya.

Tak hanya itu Bima juga akan mengatur secara teknis terkait keringanan pembiayaan dari salah satu kampus yang paling tua di Inggris itu. Skema pembiayaan lainnya jika memungkinkan dari APBD Kota Bogor.

“ASN-ASN (yang dikirim) ini yang terbaik dan hasil seleksi juga serta punya semangat belajar untuk meningkatkan kapasitas. Di sana juga ada seleksi lagi,” tambahnya.

Bima menandaskan bahwa peluang ini terbuka lebar bagi semua ASN di lingkungan Pemkot Bogor tanpa melihat pangkat, golongan dan jabatan.

“Semua bisa, fungsional bisa, kepala seksi bisa, tidak ada minimal kepangkatan atau jabatan, lebih kepada kapasitas saja artinya ada penguasaan Inggris minimal,” tandasnya. (HRS)